JADWAL PRESENTASI
MATA KULIAH MATEMATIKA 3
KELAS PGMI A SEMESTER IV 2015/2015
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Penyaji |
1. | Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah 2. Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah 3. Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah 4. Mengaplikasikan sifat-sifat persegi untuk menyelesaikan masalah 5. Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah 6. Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah 7. Menghitung keliling dan luas bangun jajar genjang 8. Menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang 9. Menghitung keliling dan luas bangun belah ketupat 10. Menghitung keliling dan luas bangun persegi 11. Menghitung keliling dan luas bangun trapesium 12. Menghitung keliling dan luas bangun layang-layang | 1. Ilmiah 2. Dewi Musyarofah 3. Thomas Amirul I. |
2. | Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga untuk menyelesaikan masalah 2. Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga 3. Menghitung keliling bangun segi tiga 4. Menghitung luas bangun segi tiga | 1. Puput Trisnawati 2. Atik Nur Latifah 3. Rahayu Ema Laeliyah |
3. | Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari. | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menemukan dalil Pytagoras 2. Membuktikan dalil Pythagoras 3. Menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku 4. Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras | 1. Nadhifatul Hamidah 2. Dwi Nur Kholifah 3. Siti Nur Fadhilah |
4. | Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan konsep kesebangunan 2. Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut yang berelasi 3. Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen 4. Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen 5. Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah | 1. Aliffah Wahyu W. 2. Dias Puji Astuti 3. Lutfia Nurhayati |
5. | Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menentukan unsur-unsur lingkaran. 2. Menentukan bagian-bagian lingkaran 3. Menghitung nilai phi 4. Menghitung keliling lingkaran. 5. Menghitung luas lingkaran 6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran. | 1. Umul Mu’minin 2. Nur Lailiatul Janah |
6. | Menentukan sudut pusat, sudut keliling dan garis singgung lingkaran | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menentukan besarnya sudut pusat dan sudut keliling suatu lingkaran 2. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busurdan luas juring dalam pemecahan masalah. 3. Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran. | 1. Intan Titisari 2. Binti Anita Sari 3. Paramita Putri M. |
7. | Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Membuat denah letak benda 2. Mengenal koordinat posisi sebuah benda 3. Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Cartesius 4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem koordinat Cartesius | 1. Indah Retno M. C. 2. Diana Sari 3. Cynthia Nur Wendah |
8. | Memahami sifat-sifat kubus dan balok serta serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Mengidentifikasi sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya 2. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus 3. Membuat jaring-jaring kubus 4. Menghitung luas permukaan kubus 5. Menghitung volume kubus 6. Mengidentifikasi sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya 7. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok 8. Membuat jaring-jaring balok 9. Menghitung luas permukaan balok 10. Menghitung volume balok | 1. Mia Anggari Putri 2. Imroatul Choirunisa 3. Latifah Dika R. 4. Hidayatul Muntafiah |
9. | Memahami sifat-sifat prisma dan limas serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Mengidentifikasi sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya 2. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma 3. Membuat jaring-jaring prisma 4. Menghitung luas permukaan prisma 5. Menghitung volume prisma 6. Mengidentifikasi sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya 7. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas 8. Membuat jaring-jaring limas 9. Menghitung luas permukaan limas 10. Menghitung volume limas | 1. Ni’matin 2. Septa Hardianti Putri 3. Sugeng Riyadi |
10. | Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Mengidentifikasi sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya 2. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung 3. Membuat jaring-jaring tabung 4. Menghitung luas permukaan tabung 5. Menghitung volume tabung 6. Mengidentifikasi sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya 7. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut 8. Membuat jaring-jaring kerucut 9. Menghitung luas permukaan kerucut 10. Menghitung volume kerucut 11. Mengidentifikasi sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya 12. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola 13. Membuat jaring-jaring bola 14. Menghitung luas permukaan bola 15. Menghitung volume bola | 1. Watini 2. Joko Sulistyo 3. Achmad Aprilianto |
11. | Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam) 2. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah | 1. Citra Dwinanda S. 2. Hanik Lestari 3. Inayatul Hidayati |
12. | Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku 2. Menentukan besar sudut dengan satuan derajat 3. Menentukan hubungan antar satuan panjang 4. Menentukan hubungan antar satuan berat 5. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan panjang 6. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan berat | 1. Laila Amin S. 2. Yuli Endah Sartika |
13. | Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam 2. Melakukan operasi hitung satuan waktu 3. Melakukan pengukuran sudut 4. Mengenal satuan jarak dan kecepatan 5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan | 1. Ulfa Khoirun Na’fiah 2. Eko Aprianto 3. Retno Wulan Hidayati |
0 comments:
Post a Comment