| No. | Kompetensi Dasar | Indikator | Penyaji | Waktu |
| 1. | Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Imas Lusiana | Minggu I | ||
| 2. Menghitung keliling dan luas bangun jajar genjang | Siti Zubaidah | |||
| 3. Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Ani Rofiah | |||
| 4. Menghitung keliling dan luas bangun belah ketupat | Anjar Indah Ayu P. | |||
| 5. Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Zulfa Ainurosida | |||
| 6. Menghitung keliling dan luas bangun trapesium | Putri Kurniawati | |||
| 7. Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Ahmad Zuhri Asyhari | Minggu II | ||
| 8. Menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang | Arifaturufaidah | |||
| 9. Mengaplikasikan sifat-sifat persegi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Septi Niawati | |||
| 10. Menghitung keliling dan luas bangun persegi | Norma Agustina | |||
| 11. Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Umi Ghoniyatul A. | |||
| 12. Menghitung keliling dan luas bangun layang-layang | Wafiroh Rohmawati | |||
| 2. | Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Anis Salasatun | Minggu III | ||
| 2. Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga | Nikmatul Fadliyah | |||
| 3. Menghitung keliling bangun segi tiga | Desy Sri Wahyuni | |||
| 4. Menghitung luas bangun segi tiga | ||||
| 3. | Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Menemukan dalil Pythagoras | Titin Nur Alfianita | Minggu IV | ||
| 2. Membuktikan dalil Pythagoras | ||||
| 3. Menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku | Umi Maisyaroh | |||
| 4. Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras | Ulul Azmiati | |||
| 4. | Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Menjelaskan konsep kesebangunan | Irma Wahyu Ariastuti | Minggu V | ||
| 2. Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut yang berelasi | ||||
| 3. Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen | Lusiana Adyaningrum | |||
| 4. Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen | ||||
| 5. Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah sehari-hari | Yessy Trisiana W. | |||
| 5. | Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | Dwi Nur Cahyono | |
| 1. Menentukan unsur-unsur lingkaran. | Uswatun Chasanah | Minggu VI | ||
| 2. Menentukan bagian-bagian lingkaran | ||||
| 3. Menghitung nilai phi | Binti Illa Rohmah | |||
| 4. Menghitung keliling lingkaran. | ||||
| 5. Menghitung luas lingkaran | ||||
| 6. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran. | Sri Puji Hastuti | |||
| 7. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari | Yoga Mustofa | |||
| 6. | Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Membuat denah letak benda | Didik Ismail | Minggu VII | ||
| 2. Mengenal koordinat posisi sebuah benda | ||||
| 3. Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius | Ilham Ardiansyah | |||
| 4. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat Kartesius | ||||
| 7. | Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya | Lani Istono | Minggu VIII | ||
| 2. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus | ||||
| 3. Membuat jaring-jaring kubus | PG. A | |||
| 4. Menghitung luas permukaan kubus | Elis Fatmawati | |||
| 5. Menghitung volume kubus | ||||
| 6. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya | Hidayatul Munawarah | |||
| 7. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok | ||||
| 8. Membuat jaring-jaring balok | PG. A | |||
| 9. Menghitung luas permukaan balok | Tri Wahyuni | |||
| 10. Menghitung volume balok | ||||
| 11. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya | Mey Rahmawati | Minggu IX | ||
| 12. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma | ||||
| 13. Membuat jaring-jaring prisma | PG. A | |||
| 14. Menghitung luas permukaan prisma | Iflahatul Hasanah | |||
| 15. Menghitung volume prisma | ||||
| 16. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya | Ida Rokhayati | |||
| 17. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas | ||||
| 18. Membuat jaring-jaring limas | PG. A | |||
| 19. Menghitung luas permukaan limas | Nanik Wulansari | |||
| 20. Menghitung volume limas | ||||
| 8. | Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya | Farid Iskandar | Minggu X | ||
| 2. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung | ||||
| 3. Membuat jaring-jaring tabung | PG. A | |||
| 4. Menghitung luas permukaan tabung | | |||
| 5. Menghitung volume tabung | | |||
| 6. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya | | |||
| 7. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut | | |||
| 8. Membuat jaring-jaring kerucut | PG. A | |||
| 9. Menghitung luas permukaan kerucut | | |||
| 10. Menghitung volume kerucut | ||||
| 11. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya | | |||
| 12. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola | | |||
| 13. Membuat jaring-jaring bola | PG. A | |||
| 14. Menghitung luas permukaan bola | | |||
| 15. Menghitung volume bola | | |||
| 9. | Menggunakan pengukuran waktu, sudut, panjang dan berat dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
| 1. Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam) | | Minggu XI | ||
| 2. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah | | |||
| 3. Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat | | |||
| 4. Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat | | |||
| 5. Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | | |||
| 6. Melakukan operasi hitung satuan waktu | | |||
| 7. Melakukan pengukuran sudut | | |||
| 8. Mengenal satuan jarak dan kecepatan | | |||
| 9. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan | |
- Home
- JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3 KELAS PGMI A SEMESTER GENAP 2015/2015
JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3 KELAS PGMI A SEMESTER GENAP 2015/2015
Powered by Blogger.
0 comments:
Post a Comment