JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK MAHASISWA PGMI SEMESTER VI
Waktu | Penyaji | Kompetensi Dasar | Indikator | ||
Kelas A | Kelas B | Kelas C | |||
Minggu I | Ima Rahmawati | Indah Setianingsih | Rifky Zakiyatul A. | Mahasiswa dan mahasiswi mampu memahami pengertian, tujuan, latar belakang, dan ruang lingkup pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pengertian pembelajaran tematik 2. Menjelaskan tujuan pembelajaran tematik 3. Menjelaskan latar belakang dan kurikulum pembelajaran tematik 4. Menjelaskan ruang lingkup pembelajaran tematik |
Qurotul Akyunin | |||||
Nina Veronika | Lailatul Badriyah | Nur Hasanah | |||
Wahyu Wulandari | |||||
Minggu II | Umi Lailatun N. | Erni Muzayanah | Zayin Miftakul A. | Mahasiswa dan mahasiswi mampu memahami landasan dan kurikulum pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan landasan filosofis pembelajaran tematik 2. Menjelaskan landasan psikologis pembelajaran tematik 3. Menjelaskan landasan yuridis pembelajaran tematik 4. Menjelaskan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran tematik |
Mar’atush Sholihah | |||||
Windi Astuti | Dwi Lestari | Restu Yulia | |||
Rista Dewi | |||||
Minggu III | Nita Puji | Amida J. | Andri Purnomo | Mahasiswi dan mahasiswa memahami pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menganalisis karakteristik pembelajaran tematik 2. Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar pembelajaran tematik 3. Menjelaskan prinsip pelaksanaan atau rambu-rambu pembelajaran tematik 4. Menganalisis implikasi pembelajaran tematik 5. Menganalisis langkah-langkah pembelajaran tematik 6. Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran tematik |
Nur Endah | Latifah Dwi L. | Eka Nurlaela | |||
Minggu IV | Mutma’innatul F. | Yanti Mustikasari | Anis Wahdana | Mahasiswa dan mahasiswi dapat memahami model pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Mengidentifikasi jenis-jenis model pembelajaran tematik 2. Menjelaskan pentingnya nilai-nilai Islam ke dalam pembelajaran tematik |
Rifky Rosdiana | Intan Wijayanti | ||||
Minggu V | M. Davit | Dwi Wahyuningdyah | Ita Hikayati | Mahasiswa dan mahasiswi dapat memahami konsep dasar pemetaan tema dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pengertian pemetaan tema 2. Menjelaskan cara menentukan tema dalam pembelajaran tematik 3. Mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan dan pemilihan tema |
Hanifah Ulfa | M. Ridwan Fauzi | ||||
Minggu VI | Viki Dwi C. | Sri Lestari | Ulfatur Rosyidah | Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang pemetaan tema dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam indikator 2. Membuat pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dan indikator ke dalam tema-tema pembelajaran |
Meida Dwi R. | Joko Susilo | ||||
Minggu VII | Amalina Hasyiati | Tri Joko | Imra Atussholehah | Mahasiswa dan mahasiswi dapat merancang jaringan tema pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan hakikat jaringan tema 2. Membuat jaringan tema |
Marini Agustina | Tri Lestari | Abdul Aziz | |||
Minggu VIII | Siti Lailatul B. | Ernia Rista | Ajidah Nur R. | Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun materi pokok dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menganalisis cakupan materi dari kompetensi dasar dan indikator mata pelajaran yang terjaring dalam satu tema 2. Menyusun materi pokok untuk satu tema pembelajaran |
Husnul Khotimah | M. Iwan | ||||
Minggu IX | Nadia Okta | Nursid C. H. | Qurotul A’yuni | Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang strategi pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan strategi pembelajaran tematik 2. Merancang strategi pembelajaran tematik |
Nurfauzana | Syafa’atul Etikasari | ||||
Minggu X | Tafratussaniyati | Amim Imroatul K. | Hidayatussayyidah | Mahasiswa dan mahasiswi mampu mengembangkan media pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan karakteristik media dan sumber belajar untuk pembelajaran tematik 2. Menyusun lembar kegiatan siswa pada pembelajaran tematik 3. Membuat media pembelajaran tematik |
Lusy Hartanti | Iwan K. | ||||
Minggu XI | Imam Dardiri | Nuraini | Niswatun Hasanah | Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang penilaian dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian pembelajaran tematik 2. Menjelaskan prosedur penilaian pembelajaran tematik 3. Menentukan jenis-jenis penilaian dari setiap indikator yang ditentukan 4. Menyusun instrumen penilaian tes dalam pembelajaran tematik 5. Menyusun instrumen penilaian nontes dalam pembelajaran tematik 6. Mempraktekkan penggunaan penilaian dalam pembelajaran tematik |
Puthut Wahyuningtyas | Wiwik Puspitasari | ||||
Minggu XII | Kiki Wulandari | Arlin Hermawati | M. Nusthon Nawawi | Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun silabus pembelajaran tematik | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Memahami pengembangan silabus pembelajaran tematik 2. Menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dapat disatukan dalam satu tema tertentu 3. Merumuskan indikator keberhasilan belajar 4. Mengidentifikasi materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator 5. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator 6. Menentukan jenis penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator 7. Menentukan alokasi waktu yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator 8. Menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator 9. Menyusun silabus pembelajaran tematik |
Siti Fatonah | Siti Munawaroh | Dwi Putri | |||
Minggu XIII | Ulung Duwita | Rudianto | Ochtia Ayu | Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun RPP tematik | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pengertian RPP tematik 2. Menjelaskan komponen RPP tematik 3. Mengidentifikasi perbedaan RPP mata pelajaran dan RPP tematik 4. Menyusun RPP tematik |
Yunita Ardilla | Feriyananingtyas | Didik Setiawan | |||
Minggu XIV | Siti Muslikah | Sunardi | Nafi Nur L. | Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang jadwal pelajaran dalam pembelajaran tematik | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Merancang jadwal pembelajaran tematik dengan mata pelajaran 2. Merancang jadwal pembelajaran tematik secara terintegrasi |
Desmam Trisandisa | Arif Hidayatulloh | ||||
| | | | Mahasiswa dan mahasiswi mampu mengimplementasikan RPP tematik dalam kegiatan pembelajaran | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: 1. Mempraktekkan pembelajaran tematik dengan peer teaching 2. Menganalisis hasil pelaksanaan pembelajaran tematik 3. Menentukan rencana tindak lanjut perbaikan pembelajaran tematik |
0 comments:
Post a Comment