No. | Kompetensi Dasar | Indikator | Penyaji | Waktu |
1. | Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Agung Widodo | Minggu I | ||
2. Menghitung keliling dan luas bangun jajar genjang | M. Shulton R. | |||
3. Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Rini Juwita | |||
4. Menghitung keliling dan luas bangun belah ketupat | Ike Ardianti | |||
5. Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Lailatul Istiqomah | |||
6. Menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang | Heppy Nur Afriyanti | |||
7. Mengaplikasikan sifat-sifat persegi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Epi Susanti | Minggu II | ||
8. Menghitung keliling dan luas bangun persegi | Abdul Khafit J. | |||
9. Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Hanik’atul Mar’ah | |||
10. Menghitung keliling dan luas bangun trapesium | Ahmad Sholihin | |||
11. Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Aprida Nur Malia | |||
12. Menghitung keliling dan luas bangun layang-layang | Binti Qoiriyah | |||
2. | Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | Sutini | Minggu III | ||
2. Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga | Meinar Anjarsari | |||
3. Menghitung keliling bangun segi tiga | Selvia Anitasari | |||
4. Menghitung luas bangun segi tiga | ||||
3. | Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Menemukan dalil Pythagoras | Arina Alfi Khoiroh | Minggu IV | ||
2. Membuktikan dalil Pythagoras | ||||
3. Menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku | Nur Azizah | |||
4. Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras | Yusrin Nihayati | |||
4. | Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Menjelaskan konsep kesebangunan | Novita Nurwati | Minggu V | ||
2. Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut yang berelasi | ||||
3. Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen | Ita Kurniawati | |||
4. Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen | ||||
5. Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah sehari-hari | Yoga Dwi Utami | |||
5. | Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Menentukan unsur-unsur lingkaran. | Linawati | Minggu VI | ||
2. Menentukan bagian-bagian lingkaran | ||||
3. Menghitung nilai phi | Eka Dewi Novitasari | |||
4. Menghitung keliling lingkaran. | ||||
5. Menghitung luas lingkaran | ||||
6. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran. | Amin Mohammad A. H. | |||
7. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari | Mardliyah Munfarida | |||
6. | Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Membuat denah letak benda | Alivatul Nurnandia | Minggu VII | ||
2. Mengenal koordinat posisi sebuah benda | ||||
3. Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius | Novitasari | |||
4. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat Kartesius | ||||
7. | Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya | Rosalina Nuriza Andi | Minggu VIII | ||
2. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus | ||||
3. Membuat jaring-jaring kubus | PG. C | |||
4. Menghitung luas permukaan kubus | Eny Muflikah | |||
5. Menghitung volume kubus | ||||
6. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya | Darianto . | |||
7. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok | ||||
8. Membuat jaring-jaring balok | PG. C | |||
9. Menghitung luas permukaan balok | Nur Yasin | |||
10. Menghitung volume balok | ||||
11. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya | | Minggu IX | ||
12. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma | ||||
13. Membuat jaring-jaring prisma | PG. C | |||
14. Menghitung luas permukaan prisma | | |||
15. Menghitung volume prisma | ||||
16. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya | | |||
17. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas | ||||
18. Membuat jaring-jaring limas | PG. C | |||
19. Menghitung luas permukaan limas | | |||
20. Menghitung volume limas | ||||
8. | Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya | | Minggu X | ||
2. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung | | |||
3. Membuat jaring-jaring tabung | PG. C | |||
4. Menghitung luas permukaan tabung | | |||
5. Menghitung volume tabung | | |||
6. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya | | |||
7. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut | | |||
8. Membuat jaring-jaring kerucut | PG. C | |||
9. Menghitung luas permukaan kerucut | | |||
10. Menghitung volume kerucut | ||||
11. Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya | | |||
12. Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola | | |||
13. Membuat jaring-jaring bola | PG. C | |||
14. Menghitung luas permukaan bola | | |||
15. Menghitung volume bola | | |||
9. | Menggunakan pengukuran waktu, sudut, panjang dan berat dalam pemecahan masalah | Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu: | | |
1. Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam) | | Minggu XI | ||
2. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah | | |||
3. Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat | | |||
4. Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat | | |||
5. Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | | |||
6. Melakukan operasi hitung satuan waktu | | |||
7. Melakukan pengukuran sudut | | |||
8. Mengenal satuan jarak dan kecepatan | | |||
9. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan | |
- Home
- JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3 KELAS PGMI C SEMESTER GENAP 2015/2015
JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3 KELAS PGMI C SEMESTER GENAP 2015/2015
Powered by Blogger.
0 comments:
Post a Comment