Deskripsi Mata Kuliah TEKNOLOGI PENDIDIKAN


DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah
:
Teknologi Pendidikan
Kode Matakuliah
:
GMI.4.2.31
Program Studi
:
PGMI
Bobot sks
:
2 SKS
Semester
:
III (tiga)
Elemen Kompetensi
:
MKB (Matakuliah Penguasaan Ilmu dan Keterampilan)
Jenis Kompetensi
:
Pendukung
Standar Kompetensi
:
Mahasiswa mampu memahami tetang pengetahuan sikap,nilai dan keterampilan yang bertalian dengan teknologi pendidikan sehingga mereka mampu membelajarkan baik perencanaan, strategi maupun evaluasi dalam proses belajar mengajar

No.
Penyaji
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Dwi Rahmawati
Salisa Khoiriah
Tri Hajuni
Suprapti
Dodik Wijiatmoko
Mahasiswa mampu memahami sejarah dan pengertian teknologi pendidikan
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Memahami kerangka konsep teknologi pendidikan
2.    Memahami sejarah perkembangan konsep teknologi pendidikan
2.
Rohmatun Nisak A.
Annuria
Mei Susilawati
Ronna Vindy Roshita
Andri Bambang S.
Mahasiswa mampu memahami landasan teknologi pendidilkan
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan landasan filosofis teknologi pendidikan
2.    Menjelaskan landasan psikologis teknologi pendidikan
3.    Menjelaskan landasan psikologis teknologi pendidikan
3.
Irfan Lutfianto
Zulfa Maghfirotul H.
Uswatun Hasanah
Dyah Farida W.
Ismiati
Mahasiswa mampu memahami kawasan teknologi pendidikan
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan ruang lingkup teknologi pendidikan menurut  Davies, 1978
2.    Menjelaskan ruang lingkup teknologi pendidikan menurut Association for Educational Communication and Technology (AECT)
4.
Abdul Rahim
Dewi Purwanti
Nuning Farida
Imam Baidowi
Yuli Wantiasri
Mahasiswa mampu memahami teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan pengertian teknologi komunikasi
2.    Menjelaskan pengertian teknologi informasi
3.    Menjelaskan pengaruh teknologi komunikasi dan informasi terhadap pembelajaran
5.
Weni Aprianti
Shofia Fajrin H.
Imam Asrofi
Hanif Fatur Rofiah
Luluk Ida Wati

Mahasiswa mampu memahami e-learning
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan pengertian e-learning
2.    Menjelaskan cara pembelajaran dengan e-learning
3.    Menjelaskan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memanfaatkan e-learning
4.    Menjelaskan e-learning dan internet dalam pembelajaran
5.    Menyebutkan model e-learning
6.    Menjelaskan evaluasi e-learning
6.
Rendy Febrianto
Sri Eka Septiana
Erlina Yuli Hapsari
Noviana
Mita Diana Astiani
Mahasiswa mampu memahami pengembangan teknologi pendidikan
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan alat bantu visual
2.    Menjelaskan alat  bantu audiovisual
3.    Menjelaskan komunikasi audiovisual
4.    Menjelaskan penerapan komunikasi audiovisual dan pendekatan sistem  dalam teknologi pengajaran
7.
Suci Rahmatul M.
Fadilatul Munawaroh
Aglanaimah Masitoh
Arif Irvayani
Dwi Marita Puspiani

Mahasiswa mampu memahami sumber belajar sebagai komponen sistem pendidikan
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan konsep sumber belajar
2.    Menyebutkan jenis-jenis sumber belajar
3.    Menyebutkan komponen dan fator sumber belajar
4.    Menjelaskan cara memilih sumber belajar
5.    Menjelaskan cara memanfaatkan sumber belajar


    0 comments:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.