DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah | : | Geometri dan Pengukurannya |
Kode Matakuliah | : | PG.7.2.2.3.81 |
Program Studi | : | PGMI |
Bobot sks | : | 2 sks |
Semester | : | VII |
Elemen Kompetensi | : | MKK (Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan) |
Jenis Kompetensi | : | Pilihan |
Standar Kompetensi | : | Memahami dasar-dasar geometri bangun datar dan bangun ruang serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari |
Kompetensi Dasar | Indikator |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar geometri seperti titik, garis, bidang, ruang, garis, ruas garis, sudut dan kurva | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan definisi titik, garis, bidang dan ruang 2. Menjelaskan definisi garis, ruas garis dan sudut 3. Menjelaskan definisi kurva 4. Menyebutkan jenis-jenis kurva |
Mahasiswa mampu menjelaskan segitiga, segiempat dan segilima serta kongruensi dan kesebangunan | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan definisi segitiga 2. Menyebutkan macam-macam segitiga berdasarkan sisi-sisinya 3. Menyebutkan macam-macam segitiga berdasarkan besar sudutnya 4. Menjelaskan definisi segiempat 5. Menyebutkan macam-macam segiempat 6. Menjelaskan definisi segilima 7. Menjelaskan definisi kongruensi 8. Menjelaskan definisi kesebangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep refleksi, rotasi dan simetri | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan konsep refleksi 2. Menjelaskan konsep rotasi 3. Menjelaskan simetri lipat 4. Menjelaskan simetri putar 5. Menentukan banyak simetri lipat dari sebuah bangun 6. Menentukan banyak simetri putar dari sebuah bangun 7. Membuat bangun yang memiliki simetri lipat pada papan geoboard 8. Membuat bangun yang memiliki simetri putar pada papan geoboard |
Mahasiswa mampu menjelaskan topologi elementer dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari yang ekuivalen secara topologi dengan bangun yang telah ditentukan | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menggambar berbagai jenis kurva pada bidang 2. Memberi contoh bangun pada kehidupan sehari-hari yang dapat dipakai sebagai model dari bangun-bangun geometri 3. Menggambar bangun-bangun yang ekuivalen secara topologi dengan bangun yang telah ditentukan 4. Menyebutkan benda-benda pada kehidupan sehari-hari yang ekuivalen secara topologi dengan bangun yang diberikan 5. Memasangkan bangun-bangun yang ekuivalen secara topologi 6. Menentukan banyak terminal (vertices), tapak (paths) dan daerah (region) pada jaringan |
Mahasiswa mampu menjelaskan polihedron | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan pengertian bangun ruang 2. Merancang pembelajaran bangun ruang yang sesuai dengan kurikulum Sekolah Dasar 3. Menjelaskan konsep bangun ruang dengan menggunakan metode dan media yang sesuai |
Mahasiswa mampu membuat jaring-jaring bangun ruang | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menentukan jaring-jaring bidang 4 dan bidang 6 2. Membuat bangun ruang dari jaring-jaring bidang 4 dan bidang 6 3. Menentukan jaring-jaring permukaan lengkung dan lingkaran 4. Membuat bangun ruang dari jaring-jaring permukaan lengkung dan lingkaran |
Mahasiswa mampu menjelaskan satuan ukur dan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menyebutkan satuan ukur tidak baku dalam kehidupan sehari-hari 2. Menyebutkan satuan ukur baku dalam kehidupan sehari-hari 3. Menentukan keliling kurva 4. Menentukan keliling segitiga 5. Menentukan keliling segiempat 6. Menentukan keliling lingkaran |
Mahasiswa mampu menjelaskan satuan luas dan konsep luas dalam kehidupan sehari-hari | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menyebutkan satuan luas dalam kehidupan sehari-hari 2. Menjelaskan pengubinan dan rangkaian bidang datar 3. Menentukan luas segitiga 4. Menentukan luas segiempat 5. Menentukan luas lingkaran |
Mahasiswa mampu menjelaskan satuan berat dan konsep volume dalam kehidupan sehari-hari | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menyebutkan satuan berat dalam kehidupan sehari-hari 2. Menjelaskan konsep volume bangun ruang bidang datar 3. Menjelaskan konsep volume bangun ruang bidang Lengkung |
0 comments:
Post a Comment