DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah | : | Model Pembelajaran Matematika Kontemporer |
Kode Matakuliah | : | GPF.6.2.75 |
Program Studi | : | PGMI |
Bobot sks | : | 2 sks |
Semester | : | VI (enam) |
Elemen Kompetensi | : | MKK (Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan) |
Jenis Kompetensi | : | Lain/Pilihan |
Standar Kompetensi | : | Mahasiswa mampu memahami berbagai macam model pembelajaran matematika dan mampu menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI |
No. | Penyaji | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | Amalina Hasyiati Lailatul Badriah | Mahasiswa mampu memahami hakikat matematika dan pembelajaran matematika di MI | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan hakikat matematika 2. Menjelaskan hakikat anak didik 3. Menjelaskan ciri pembelajaran matematika di MI |
2. | Rifky Rosdiana Dewi Zayyin M. Arifin Andri Purnomo | Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran matematika tradisional, modern dan masa kini | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pembelajaran matematika tradisional 2. Menjelaskan pembelajaran matematika modern 3. Menjelaskan pembelajaran matematika masa kini |
3. | Kiki Wulandari M. Nusthon Nawawi Tri Lestari Arlin Hermhawati Imro Atussholeha Umi Lailatun Nafiah | Mahasiswa mampu memahami aliran psikologi tingkah laku dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Thorndike dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 2. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Pavlov dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 3. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Bandura dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 4. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Skinner dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 5. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Ausubel dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 6. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Gagne dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI |
4. | Wahyu Wulandari Erni Muzayyanah Amim Imroatul K. Siti Muslikah | Mahasiswa mampu memahami aliran psikologi kognitif dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Bruner dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 2. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Brownell dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 3. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Dienes dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI 4. Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Van Hiele dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI |
5. | | Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam pendekatan pembelajaran matematika di MI (bagian I) | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pendekatan induktif pada pembelajaran matematika di MI 2. Menjelaskan pendekatan deduktif pada pembelajaran matematika di MI 3. Menjelaskan pendekatan spiral pada pembelajaran matematika di MI 4. Menjelaskan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran matematika di MI 5. Menjelaskan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika di MI 6. Menjelaskan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di MI 7. Menjelaskan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika di MI |
6. | Rudianto | Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam pendekatan pembelajaran matematika di MI (bagian II) | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pendekatan terpadu pada pembelajaran matematika di MI 2. Menjelaskan pendekatan kooperatif pada pembelajaran matematika di MI |
7. | Windi Astuti Eka Nurlaela M. Ridwan Fauzi Nadia Okta R. | Mahasiswa mampu menjelaskan metode pembelajaran matematika, bermain sambil belajar dan penemuan dalam matematika | Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan metode pembelajaran dalam matematika 2. Menjelaskan bermain sambil belajar 3. Menjelaskan penemuan dalam matematika |
0 comments:
Post a Comment