DESKRIPSI MATA KULIAH TEORI BILANGAN



DESKRIPSI MATA KULIAH
TEORI BILANGAN
Mata Kuliah
:
Teori Bilangan
Bobot SKS
:
2 SKS
Program Studi
:
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Konsentrasi
:
Matematika
Semester
:
VI
Standar Kompetensi
:
Mahasiswa mampu menjelaskan teori bilangan serta pembelajarannya di SD/MI

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Mahasiswa mampu memahami pengertian barisan dan basis bilangan
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Memberikan pengertian barisan bilangan dan deret bilangan
2.      Membedakan antara barisan bilangan dan deret bilangan
3.      Menentukan pola suatu barisan bilangan
4.      Menentukan suku ke-n dari suatu deret bilangan
5.      Menentukan jumlah n suku pertama dari suatu deret bilangan
6.      Mengurutkan bilangan berbasis non-sepuluh
7.      Mengkonversikan suatu bilangan berbasis tertentu ke basis lainnya
8.      Menentukan hasil penjumlahan buah bilangan berbasis non-sepuluh
9.      Menentukan hasil pengurangan buah bilangan berbasis non-sepuluh
10.  Menentukan hasil perkalian buah bilangan berbasis non-sepuluh
11.  Menentukan hasil pembagian buah bilangan berbasis non-sepuluh
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan bulat, operasi hitung bilangan bulat dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat serta cara pembelajarannya di SD/MI
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan pengertian bilangan bulat
2.      Menggambarkan bilangan bulat pada garis bilangan
3.      Memahami operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pada garis bilangan
4.      Memahami operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan alat peraga tertentu
5.      Memahami sifat operasi hitung penjumlahan bilangan bulat
6.      Memahami operasi hitung pengurangan bilangan bulat pada garis bilangan
7.      Memahami operasi hitung pengurangan bilangan bulat dengan alat peraga tertentu
8.      Memahami sifat operasi hitung pengurangan bilangan bulat
9.      Memahami operasi hitung perkalian bilangan bulat pada garis bilangan
10.  Memahami sifat operasi hitung perkalian bilangan bulat
11.  Memahami operasi hitung pembagian bilangan bulat
12.  Memahami sifat operasi hitung pembagian bilangan bulat
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan desimal, operasi hitung bilangan desimal  serta cara pembelajarannya di SD/MI
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan pengertian bilangan desimal
2.      Menjelaskan nilai tempat dari pecahan desimal
3.      Mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan sebaliknya
4.      Menyebutkan pecahan desimal berakhir dan pecahan desimal berulang
5.      Mengurutkan pecahan desimal dari yang terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya
6.      Menjelaskan  penjumlahan dan sifat operasi hitung penjumlahan pada bilangan desimal
7.      Menjelaskan  pengurangan dan sifat operasi hitung pengurangan pada bilangan desimal
8.      Menjelaskan  perkalian dan sifat operasi hitung perkalian pada bilangan desimal
9.      Menjelaskan  pembagian dan sifat operasi hitung pembagian pada bilangan desimal
10.  Menentukar akar dari suatu bilangan
11.  Menentukan pangkat dari pecahan desimal
12.  Mengubah penulisan bilangan ke dalam bentuk baku ilmiah
4.
Mahasiswa mampu menjelaskan keterbagian pada bilangan bulat dan beberapa sifatnya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Memberikan alas an mengapa suatu bilangan bulat dapt (habis) dibagi atau tidak dapat dibagi oleh bilangan bulat lainnya
2.      Menggunakan sifat-sifat keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat membagi bilangan bulat lain dalam bentuk peubah x dan y
3.      Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 2
4.      Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 3
5.      Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 4
6.      Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 5
7.      Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 6
8.      Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 7
9.      Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 8
10.  Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 9
11.  Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 10
12.  Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 11
5.
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan prima dan bilangan berpangkat
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan pengertian bilangan prima dan bilangan komposit
2.      Menentukan apakah bilangan bulat yang lebih besar dari satu termasuk bilangan prima atau komposit
3.      Menentukan faktorisasi dari bilangan komposit
4.      Menentukan faktorisasi prima dari bilangan komposit
5.      Mentukan banyaknya faktor dari suatu bilangan kompos
6.      Menentukan apakah suatu penyataan yang melibatkan bilangan berpangkat benar atau salah
7.      Menentukan bentuk paling sederhana dari bilangan berpangkat tertentu
8.      Menyelesaikan persamaan sederhana yang melibatkan bilangan berpangkat
9.      Menyelesaikan pertidaksamaan sederhana yang melibatkan bilangan berpangkat
10.  Menelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan berpangkat
6.
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan dalam bentuk persen, rasio dan proporsi serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Menggunakan bilangan dalam bentuk persen yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan masalah matematika
2.      Menggunakan bilangan dalam bentuk rasio yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan masalah matematika
3.      Menggunakan bilangan dalam bentuk proporsi  yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan masalah matematika
4.      Menunjukkan hubungan antara persen, rasio dan proporsi
7.
Mahasiswa mampu memahami faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Memahami konsep faktor suatu bilangan
2.      Menentukan faktor persekutuan terbesar dari dua buah bilangan atau lebih
3.      Menerapkan konsep faktor persekutuan terbesar dalam kehidupan sehari-hari
4.      Menentukan kombinasi linear dari suatu faktor persekutuan terbesar dengan menentukan nilai  dan y jika diketahui faktor persekutuan terbesar (a, b) = ax + by
5.      Menentukan faktor persekutuan terbesar dari suatu pasangan jika faktor persekutuan terbesar dari bilangan yang lain diketahui
6.      Memahami konsep kelipatan suatu bilangan
7.      Menentukan kelipatan persekutuan terkecil dari dua buah bilangan atau lebih
8.      Menerapkan konsep kelipatan persekutuan terkecil dalam kehidupan sehari-hari
9.      Menentukan kelipatan persekutuan terkecil dari suatu pasangan bilangan dengan menggunakan hubungan antara faktor persekutuan terbesar kelipatan persekutuan terkecil
8.
Mahasiswa mampu memahami aritmatika jam dan aritmatika modular
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.      Menentukan hasil operasi penjumlahan dalam jam 12-an, 5-an dan 7-an
2.      Menentukan hasil operasi pengurangan dalam jam 12-an, 5-an dan 7-an
3.      Menentukan hasil operasi perkalian dalam jam 12-an, 5-an dan 7-an
4.      Menentukan hasil operasi pembagian dalam jam 12-an, 5-an dan 7-an
5.      Menentukan nilai x jika x o m (mod n) jika m dan n bilangan-bilangan yang diketahui
6.      Menentukan nilai x jika m o x (mod n) jika m dan n bilangan-bilangan yang diketahui
7.      Menentukan nilai x jika m o n (mod x) jika m dan n bilangan-bilangan yang diketahui
8.      Menentukan sisa hasil suatu pembagian

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.