Permainan Tebak-tebakan Matematika

Libur  akhir tahun pelajaran 2015/2015 tak terasa sudah berlalu satu minggu. Kebetulan libur kali ini berbarengan dengan datangnya bulan ramadan tahun 1435 Hijriyah. Untuk mengisi hari-hari sepi dan 'ngelangut' ada baiknya jika digunakan tidak sekedar untuk tidur dan 'gegoleran' saja. Meski ada yang bilang tidurnya orang puasa itu adalah berpahala, akan lebih bagus lagi jika dimanfaatkan untuk hal-hal kebaikan seperti membantu orang tua, bersih-bersih rumah, atau baca-baca buku serta browsing informasi di internet untuk meng-upgrade pengetahuan dan kompetensi diri.
Berikut ini ada beberapa permainan tebak-tebakan pola bilangan matematika dan operasi matematika sederhana yang cukup menarik yang bisa anda utak-atik sambil menanti waktu berbuka. :)
1. Soal Pola Bilangan

Ketika saya memberikan tebakan ini di kelas, beberapa siswa yang cukup cerdas menjawab soal ini dalam waktu kurang dari 1 menit dan... salah. Ketika mereka disadarkan kecerobohannya oleh temannya, justru mereka malah cenderung menyalahkan soalnya. :) Beberapa saat kemudian seorang siswa yang kesehariannya tidak terlalu pandai dan juga tidak terlalu rajin, menjawab soal itu dan benar.
2. Soal Operasi Matematika Sederhana
Sekedar untuk clue; mereka yang telah menjawab dan keliru dikarenakan ada yang tidak paham aturan operasi matematika dan kurang teliti. :)
Silahkan anda menjawab soal tebakan bilangan di atas dan tuliskan jawaban anda di dalam komentar.

Jika anda tertarik dengan contoh-contoh permasalahan kontekstual matematika pada bab-bab lainnya anda bisa membacanya di sini dan di sini atau, anda bisa mencarinya melalui label di samping kanan blog ini.
Sedangkan jika anda membutuhkan perangkat-perangkat pembelajaran serta file-file yang terkait dengan Kurikulum 2015 seperti Permendiknas, Buku siswa, buku guru, ataupun contoh model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2015 anda bisa melihatnya di sini dan di sini.

Terima kasih sudah mampir dan membaca. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.