Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | |||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar |
1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar | ||
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif |
2.2 | Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek | ||
Seni Musik | |||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia |
3.2 | Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | ||
3.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | ||
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Menampilkan permainan pola irama sederhana |
4.2 | Mengekspresikan diri melalui vocal | ||
4.3 | Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | ||
4.4 | Melafalkan lagu anak-anak | ||
4.5 | Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal | ||
Seni Tari | |||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat |
5.2 | Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | ||
5.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | ||
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan |
6.2 | Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton |
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
Seni Rupa | ||||
7. | Mengapresiasi karya seni rupa | 7.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | |
7.2 | Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar | |||
8. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 8.1 | Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif | |
8.2 | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel | |||
Seni Musik | ||||
9. | Mengapresiasi karya seni musik | 9.1 | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam | |
9.2 | Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam | |||
9.3 | Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana | |||
10. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 10.1 | Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana | |
10.2 | Memeragakan dinamik sederhana | |||
10.3 | Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana | |||
10.4 | Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib | |||
Seni Tari | ||||
11. | Mengapresiasi karya seni tari | 11.1 | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat | |
11.2 | Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
11.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
12. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | 12.1 | Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi | |
12.2 | Merangkaikan gerak tari sesuai iringan bunyi | |||
12.3 | Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri |
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
Seni Rupa | ||||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa | |
1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa | |||
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif | |
2.2 | Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal | |||
Seni Musik | ||||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik | |
3.2 | Membedakan antara nada dengan irama | |||
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memeragakan dinamik sederhana | |
4.2 | Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | |||
4.3 | Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana | |||
4.4 | Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton | |||
Seni Tari | ||||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi gerak alam semesta | |
5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | |||
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak | |
6.2 | Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari | |||
Keterampilan | ||||
7. | Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan | 7.1 | Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam | |
7.2 | Menyiapkan bahan alam untuk pembuatan cat | |||
7.3 | Membuat cat pewarna dari bahan alam |
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | |||
8. | Mengapresiasi karya seni rupa | 8.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa |
8.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi | ||
9. | Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | 9.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi |
9.2 | Menggunakan klise cetak timbul | ||
9.3 | Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul | ||
10. | Mengenal unsur musik | 10.1 | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional |
10.2 | Membedakan antara nada dengan irama | ||
11. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 11.1 | Memeragakan dinamik sederhana |
11.2 | Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | ||
11.3 | Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana | ||
Seni Tari | |||
12 | Mengapresiasi karya seni tari | 12.1 | Mengidentifikasi gerak alam semesta |
12.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | ||
13. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 13.1 | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak |
13.2 | Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari | ||
13.3 | Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton |
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | |||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi | ||
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri |
2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat | ||
Seni Musik | |||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana |
3.2 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik | ||
3.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | ||
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis sederhana |
4.2 | Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana | ||
Seni Tari | |||
5 | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Menjelaskan simbol dalam seni tari |
5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan | ||
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | 6.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan |
6.2 | Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan | ||
Keterampilan | |||
7. | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 7.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
7.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas | ||
7.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas |
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | |||
8. | Mengapresiasi karya seni rupa | 8.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi |
8.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | ||
9. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 9.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar |
9.2 | Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | ||
Seni Musik | |||
10. | Mengapresiasi karya seni musik | 10.1 | Menjelaskan simbol tempo dalam lagu |
10.2 | Menjelaskan makna ansambel | ||
10.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik | ||
10.4 | Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu | ||
11. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 11.1 | Memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana |
11.2 | Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | ||
Seni Tari | |||
12 | Mengapresiasi karya seni tari | 12.1 | Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari |
12.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan | ||
12.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | ||
13. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 13.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan |
13.2 | Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan | ||
13.3 | Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | ||
Keterampilan | |||
14 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 14.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
14.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | ||
14.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas |
0 comments:
Post a Comment