JADWAL MICROTEACHING KONSENTRASI FIQH SEMESTER VI
Waktu | Praktikan | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator |
Minggu I | Viki Dwi Cahyani | Mengenal ketentuan zakat | Menjelaskan ketentuan zakat mal | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian zakat mal 2. Menyebutkan hukum menunaikan zakat mal 3. Menyebutkan harta yang wajib dizakati 4. Menyebutkan jumlah harta yang wajib dizakati (nisab) 5. Menyebutkan jumlah zakat mal yang harus dikeluarkan 6. Menyebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (haul) |
Joko Susilo | Menjelaskan ketentuan zakat fitrah | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian zakat fitrah 2. Menyebutkan hukum menunaikan zakat fitrah 3. Mendeskripsikan waktu mengeluarkan zakat fitrah 4. Menyebutkan jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan 5. Menyebutkan 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal | ||
Minggu II | Nita Puji Rahayu | Mempraktekkan tata cara zakat mal dan zakat fitrah | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Mensimulasikan tata cara mengeluarkan zakat mal 2. Mendemonstrasikan cara mengeluarkan zakat fitrah 3. Melafalkan niat menunaikan zakat mal 4. Melafalkan niat menunaikan zakat fitrah 5. Menyebutkan hikmah zakat fitrah 6. Menyebutkan hikmah zakat mal | |
Husnul Khotimah | Mengenal ketentuan infaq dan shodaqoh | Menjelaskan ketentuan infaq dan shodaqoh | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebukan pengertian infaq 2. Menyebutkan hukum infaq 3. Menyebutkan pengertian shodaqoh 4. Menyebutkan hukum shodaqoh 5. Membedakan antara infaq dan shodaqoh | |
Minggu III | M. Davit Prasetyo | Mempraktekkan tata cara infaq dan shodaqoh | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Mendemonstrasikan cara berinfaq 2. Mendemonstrasikan cara bershodaqoh 3. Menyebutkan hikmah berinfaq dan bershodaqoh | |
Ulung Duwita Sari | Mengenal ketentuan sholat Id | Menjelaskan macam-macam sholat Id | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian sholat Idul Fitri dan Idul Adha 2. Menyebutkan hukum shalat Idul Fitri dan Idul Adha | |
Minggu IV | Hanifah Ulfa | Menjelaskan tata cara sholat Id | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan waktu pelaksanaan shalat Idul Fitri dan Idul Adha | |
Wiwik Puspitasari | Mendemonstrasikan tata cara sholat Idul Fitri dan Idul Adha | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Memperagakan sholat Idul Fitri dan Idul Adha | ||
Minggu V | Desmam Tri Sandisa | Mengenal ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram | Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian makanan/minuman halal 2. Menyebutkan pengertian makanan/minuman haram 3. Menyebutkan contoh makanan/minuman halal 4. Menyebutkan contoh makanan/minuman haram 5. Membiasakan mengkonsumsi makanan/ minuman halal 6. Menghindari mengkonsumsi makanan/minuman haram |
Tafratussaniyati | Menjelaskan binatang yang halal dan haram dagingnya | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian binatang halal 2. Menyebutkan pengertian binatang haram 3. Menunjukkan ciri-ciri binatang halal 4. Menunjukkan ciri-ciri binatang haram 5. Mengidentifikasi jenis binatang halal dan haram | ||
Minggu VI | Siti Fatonah | Menjelaskan manfaat makanan dan minuman halal | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan manfaat mengkonsumsi makanan/minuman halal 2. Menyebutkan akibat mengkonsumsi makanan/minuman haram | |
Syafaatul Etikasari | Menjelaskan akibat makanan dan minuman haram | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan jenis penyakit akibat salah mengkonsumsi makanan dan minuman 2. Menyebutkan akibat mengkonsumsi makanan/ minuman haram | ||
Minggu VII | Tri Joko Pambudi | Mengenal ketentuan qurban | Menjelaskan ketentuan qurban | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian qurban 2. Menunjukkan hukum berqurban 3. Menunjukkan waktu pelaksanaan qurban 4. Menyebutkan syarat sahnya hewan untuk qurban |
Nur Aini | Mendemonstrasikan tata cara qurban | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Mendemonstrasikan tata cara qurban 2. Mengidentifikasi hikmah qurban | ||
Minggu VIII | Siti Lailatul Badriah | Mengenal tata cara ibadah haji | Menjelaskan tata cara haji | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian haji 2. Menunjukkan hukum haji 3. Menyebutkan waktu pelaksanaan haji 4. Menyebutkan syarat haji 5. Menyebutkan rukun haji 6. Menyebutkan wajib haji 7. Menyebutkan sunnah haji 8. Memperagakan cara memakai ihram |
Hidayatussayyidah | Mengenal ketentuan mandi wajib | Menjelaskan ketentuan mandi wajib setelah haid | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian mandi wajib 2. Menyebutkan sebab mandi wajib 3. Menyebutkan rukun mandi wajib 4. Menyebutkan sunnah mandi wajib 5. Membedakan antara mandi wajib dengan mandi biasa | |
Minggu IX | Muhamat Iwan | Mengenal ketentuan khitan | Menjelaskan ketentuan khitan | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian khitan 2. Menunjukkan dasar hukum khitan 3. Menyebutkan hukum khitan |
Nafi’ Nur Latifah | Menjelaskan hikmah khitan | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan hikmah khitan | ||
Minggu X | Yanti Mustikasari | Mengenal ketentuan jual beli dan pinjam meminjam | Menjelaskan tata cara jual beli | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian jual beli 2. Menyebutkan syarat sah jual beli 3. Menyebutkan rukun jual beli 4. Menyebutkan hukum jual beli 5. Mendemonstrasikan jual beli |
Imam Dardiri | Mengenal tata cara pinjam meminjam | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian pinjam meminjam 2. Menyebutkan syarat pinjam meminjam 3. Menyebutkan rukun pinjam meminjam 4. Menyebutkan hak dan kewajiban dalam pinjam meminjam 5. Mendemonstrasikan pinjam meminjam | ||
Minggu XI | Nur Kholis | Mengenal tata cara ibadah haji | Menjelaskan tata cara haji | Pada akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu: 1. Menyebutkan pengertian haji 2. Menunjukkan hukum haji 3. Menyebutkan waktu pelaksanaan haji 4. Menyebutkan syarat haji 5. Menyebutkan rukun haji 6. Menyebutkan wajib haji 7. Menyebutkan sunnah haji 8. Memperagakan cara memakai ihram |
Ket: dari kompetensi dasar yang ada, pilihlah indikator yang sesuai untuk praktek mengajar 35'-40'
0 comments:
Post a Comment