RPP Matematika SMA Kurikulum 2015

RPP Matematika SMA Kurikulum 2015
Mulai Tahun Pelajaran 2015-2015 Kurikulum 2015 serentak dilaksanakan di seluruh sekolah di Indonesia. Untuk jenjang SMA, kurikulum 2015 akan diberlakukan bagi kelas X dan kelas XI. Sedangkan untuk kelas XII masih tetap menggunakan KTSP 2006.
Untuk jenjang SMP Kurikulum 2015 dilaksanakan di kelas VII dan VIII, sedangkan untuk SD Kurikulum 2015 dilaksanakan di kelas 1, 2, 4, dan 5. Elemen utama perubahan kurikulum 2015 adalah pada kompetensi lulusan, materi, proses dan penilaian. Berikut ini sedikit penjelasan singkatnya:

  1. Perubahan pada kompetensi lulusan adalah konstruksi holistik, didukung oleh semua materi atau mapel, terintegrasi secara vertical dan horizontal.
  2. Perubahan pada materi dikembangkan berbasis kompetensi  sehingga memenuhi aspek kesesuaian dan kecukupan, serta mengakomodasi konten lokal, nasional maupun internasional.
  3. Perubahan pada proses pembelajaran, mencakup a) berorientasi pada karakteristik kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan b) menggunakan pendekatan santifik dan c) mengutamakan discovery learning dan Project Based Learning.
  4. Perubahan pada penilaian mencakup berbasis tes dan non tes (portofolio), menilai proses dan output dengan authentic assessment, rapor memuat penilaian kuantitaif tentang pengetahuandan deskripsi kualitatif tentang sikap dan keterampilan

Tulisan saya kali ini tidak akan membahas tentang konsep-konsep pada kurikulum 2015 tetapi lebih menuju ke hal yang bersifat praksis saja yaitu pembuatan RPP.
Mengacu pada Permendikbud No 65/2015, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
RPP dikembangkan menyesuaikan dengan silabus dan buku, kondisi di satuan pendidikan, kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
Setiap  guru  di  setiap  satuan  pendidikan  berkewajiban  menyusun RPP untuk  mata pelajaran  yang diampu. Pengembangan  RPP  dapat dilakukan  pada  setiap  awal  semester  atau  awal  tahun  pelajaran, dengan  maksud  agar  RPP  telah  tersedia  terlebih  dahulu  dalam  setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.
Pengembangan  RPP  yang  dilakukan  oleh  guru  secara  mandiri dan/atau  secara  bersama-sama  melalui  musyawarah  guru mata pelajaran (MGMP) di dalam suatu sekolah  tertentu  difasilitasi  dan disupervisi  kepala  sekolah  atau  guru  senior  yang  ditunjuk  oleh kepala sekolah.
Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Komponen RPP

  • Identitas sekolah, mata pelajaran, kelas,
  • materi pokok
  • Alokasi waktu (merujuk silabus, dapat direkonstruksi sesuai program semester/tahunan)
  • Tujuan pembelajaran, Kompetensi inti dan/atau Kompetensi Dasar –indikator Pencapaian
  • Materi pembelajaran, Metode Pembelajaran
  • Media, Alat, dan Sumber Belajar
  • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian

Berikut ini saya uploadkan  RPP Matematika SMA kurikulum 2015 untuk Kelas X dan Kelas XI hasil dari pelatihan instruktur Nasional di PPPPTK Matematika Yogyakarta pada tanggal 5 Mei - 12 Mei 2015 kemarin, sebagai bahan perbandingan untuk bapak ibu guru dalam menyusun RPP. Harapannya dengan melihat RPP hasil pelatihan Instruktur Nasional ini bapak ibu guru bisa membuat RPP yang lebih baik dan kreatif lagi sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan dalam kurikulum 2015.

RPP Matematika SMA Kelas X Wajib
1. Eksponen bulat positif, negatif dan nol.docx
1. Eksponen dan Logaritma.docx
2. Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak.docx
2. Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak2.docx
3. Sistem Persamaan Linier.docx
4. Matriks.docx
5. Relasi dan Fungsi.docx
6. Barisan Aritmetika.docx
7. Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat.docx
7. Persamaan Kuadrat.docx
8. Trigonometri.docx
8. Trigonometri2.docx
9. Geometri.docx
10. Limit Fungsi.docx
10. Limit Fungsi2.docx
11. Penyajian Data.docx
11. Statistika.docx
12. Peluang.doc

RPP Matematika SMA Kelas XI Wajib
1. Program linear.docx
2a. Fungsi Invers.docx
2b. Fungsi Komposisi.docx
3. Determinan dan Invers Matriks.docx
4. Garis Sejajar.doc
5. aturan sinus.docx
6. Deret Tak Hingga.docx
7. Statistika.docx
8a. Aturan Perkalian.docx
8b. Peluang.docx
9. Lingkaran.docx
10. Transformasi.docx
11. Turunan.docx
12. Integral.docx

Untuk RPP Matematika SMA Peminatan masih menunggu buku paket diterbitkan. Sampai tulisan ini diturunkan kabar kejelasan buku paket peminatan masih belum ada kepastian.
Maka untuk sementara para guru pengampu matematika peminatan diminta untuk berimprovisasi dengan panduan silabus yang sudah ada.
Demikian postingan tentang RPP Matematika SMA kurikulum 2015 untuk kelas X dan kelas XI. Semoga dengan adanya contoh RPP ini dapat memberikan gambaran tentang cara pembuatan RPP seperti yang diamanatkan di dalam kurikulum 2015 sehingga para guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kreatifitas dan kondisi lapangan masing-masing.
Untuk anda yang membutuhkan RPP Matematika SMP Kurikulum 2015 untuk sementara ini silahkan anda cari sendiri di kolom search atau googling. Demikian juga Bapak Ibu guru SD tang membutuhkan Perangkat mengajar baik silabus atau RPP tematik kurikulum 2015 mohon maaf sementara ini belum ada sumber yang memadai untuk saya upload di sini.
Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih banyak terkait dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2015 bisa melihatnya di sini. Atau anda yang membutuhkan perangkat-perangkat mengajar lainnya seperti silabus, program tahunan (prota), program semester (promes) dan perhitungan jam efektif bisa mencarinya di sini.

Petunjuk download di google drive.
Semua file yang saya upload saya letakkan di google drive. Untuk mendownloadnya cukup dengan sekali klik pada link yang tercantum di atas lalu "file" dan "download". Atau, setelah mengklik link di atas anda bisa langsung memencet tombol "ctrl" + "s" pada keyboard. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.