Kelas I, Semester 1
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
| Seni Rupa | |||
| 1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar |
| 1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar | ||
| 2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif |
| 2.2 | Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek | ||
| Seni Musik | |||
| 3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia |
| 3.2 | Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | ||
| 3.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | ||
| 4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Menampilkan permainan pola irama sederhana |
| 4.2 | Mengekspresikan diri melalui vocal | ||
| 4.3 | Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | ||
| 4.4 | Melafalkan lagu anak-anak | ||
| 4.5 | Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal | ||
| Seni Tari | |||
| 5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat |
| 5.2 | Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | ||
| 5.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | ||
| 6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan |
| 6.2 | Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton | ||
Kelas I, Semester 2
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
| Seni Rupa | ||||
| 7. | Mengapresiasi karya seni rupa | 7.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar | |
| 7.2 | Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar | |||
| 8. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 8.1 | Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif | |
| 8.2 | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel | |||
| Seni Musik | ||||
| 9. | Mengapresiasi karya seni musik | 9.1 | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam | |
| 9.2 | Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam | |||
| 9.3 | Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana | |||
| 10. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 10.1 | Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana | |
| 10.2 | Memeragakan dinamik sederhana | |||
| 10.3 | Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana | |||
| 10.4 | Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib | |||
| Seni Tari | ||||
| 11. | Mengapresiasi karya seni tari | 11.1 | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat | |
| 11.2 | Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
| 11.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah | |||
| 12. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | 12.1 | Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi | |
| 12.2 | Merangkaikan gerak tari sesuai iringan bunyi | |||
| 12.3 | Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri | |||
Kelas II, Semester 1
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
| Seni Rupa | ||||
| 1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa | |
| 1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa | |||
| 2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif | |
| 2.2 | Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal | |||
| Seni Musik | ||||
| 3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik | |
| 3.2 | Membedakan antara nada dengan irama | |||
| 4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memeragakan dinamik sederhana | |
| 4.2 | Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | |||
| 4.3 | Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana | |||
| 4.4 | Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton | |||
| Seni Tari | ||||
| 5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi gerak alam semesta | |
| 5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | |||
| 6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak | |
| 6.2 | Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari | |||
| Keterampilan | ||||
| 7. | Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan | 7.1 | Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam | |
| 7.2 | Menyiapkan bahan alam untuk pembuatan cat | |||
| 7.3 | Membuat cat pewarna dari bahan alam | |||
Kelas II, Semester 2
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
| Seni Rupa | |||
| 8. | Mengapresiasi karya seni rupa | 8.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa |
| 8.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi | ||
| 9. | Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | 9.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi |
| 9.2 | Menggunakan klise cetak timbul | ||
| 9.3 | Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul | ||
| 10. | Mengenal unsur musik | 10.1 | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional |
| 10.2 | Membedakan antara nada dengan irama | ||
| 11. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 11.1 | Memeragakan dinamik sederhana |
| 11.2 | Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | ||
| 11.3 | Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana | ||
| Seni Tari | |||
| 12 | Mengapresiasi karya seni tari | 12.1 | Mengidentifikasi gerak alam semesta |
| 12.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | ||
| 13. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 13.1 | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak |
| 13.2 | Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari | ||
| 13.3 | Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton | ||
Kelas III, Semester 1
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
| Seni Rupa | |||
| 1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
| 1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi | ||
| 2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri |
| 2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat | ||
| Seni Musik | |||
| 3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana |
| 3.2 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik | ||
| 3.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | ||
| 4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis sederhana |
| 4.2 | Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana | ||
| Seni Tari | |||
| 5 | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Menjelaskan simbol dalam seni tari |
| 5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan | ||
| 6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | 6.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan |
| 6.2 | Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan | ||
| Keterampilan | |||
| 7. | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 7.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
| 7.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas | ||
| 7.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas | ||
Kelas III, Semester 2
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
| Seni Rupa | |||
| 8. | Mengapresiasi karya seni rupa | 8.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi |
| 8.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | ||
| 9. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 9.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar |
| 9.2 | Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | ||
| Seni Musik | |||
| 10. | Mengapresiasi karya seni musik | 10.1 | Menjelaskan simbol tempo dalam lagu |
| 10.2 | Menjelaskan makna ansambel | ||
| 10.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik | ||
| 10.4 | Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu | ||
| 11. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 11.1 | Memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana |
| 11.2 | Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | ||
| Seni Tari | |||
| 12 | Mengapresiasi karya seni tari | 12.1 | Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari |
| 12.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan | ||
| 12.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | ||
| 13. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 13.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan |
| 13.2 | Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan | ||
| 13.3 | Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | ||
| Keterampilan | |||
| 14 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 14.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
| 14.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | ||
| 14.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | ||
0 comments:
Post a Comment