DESKRIPSI MATA KULIAH MATEMATIKA 2



MATEMATIKA 2
Semester Ganjil 2015/2015

Pengantar

A.    Dosen Pengampu                    : Kurnia Hidayati
B.     Jam Kerja                                : 07.00–12.00 (Senin – Kamis)
Pesan/Komunikasi                   : dengan appointmentatau sms          
C.     Mata Kuliah/SKS                    : Matematika 2/2 SKS
Program Studi/Semester         : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/III
Hari/Jam/Ruang                      : Senin 07.00-08.40 BE
                                                  Selasa 08.40-10.20 BA             
                                                            
                                        
1.    Arti Penting Mata Kuliah
Mata kuliah Matematika 2 adalah salah satu kurikulum inti dan termasuk kompetensi utama program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan teori-teori mengenai sistem bilangan juga contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan sebagai bekal dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah. Mata kuliah ini bersifat prerequisite, yaitu hanya mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Matematika 1 yang dapat mengikuti mata kuliah Matematika 2.
 Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan student active learning yang dilengkapi dengan penggunaan komputer, internet dan LCD. Tahap penguasaan mahasiswa dilihat melalui keaktifan di dalam kelas, UTS, UAS, evaluasi terhadap tugas dan absensi. Buku sumber utama: Kurnia Hidayati, (2015). Matematika 2 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. STAIN Po Press.
2.    Kompetensi/Hasil Belajar
Standar Kompetensi:
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar dalam pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah.
Kompetensi Dasar dan indikatornya:
1.      Menjelaskan penulisan bilangan yang menggunakan nilai tempat dan tanpa nilai tempat serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan sistem bilangan Romawi
b.       Memberi contoh penggunaan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari
c.        Mengubah bilangan desimal (Hindu-Arab) menjadi bilangan Romawi
d.       Mengubah bilangan Romawi menjadi bilangan desimal (Hindu-Arab)
e.        Memberi contoh penggunaan bilangan desimal (Hindu-Arab) dalam kehidupan sehari-hari
f.        Mengubah bilangan berbasis 10 menjadi bilangan berbasis 2
g.        Mengubah bilangan berbasis 2 menjadi bilangan berbasis 10
2.      Menjelaskan bilangan bulat, operasi hitung bilangan bulat dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian bilangan bulat
b.      Menjelaskan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pada garis bilangan
c.       Menjelaskan sifat operasi hitung penjumlahan bilangan bulat
d.      Menjelaskan operasi hitung pengurangan bilangan bulat pada garis bilangan
e.       Menjelaskan  sifat operasi hitung pengurangan bilangan bulat
f.       Menjelaskan operasi hitung perkalian bilangan bulat pada garis bilangan
g.      Menjelaskan sifat operasi hitung perkalian bilangan bulat
h.      Menjelaskan operasi hitung pembagian bilangan bulat
i.        Memberikan contoh penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
3.      Menjelaskan bilangan rasional, operasi hitung bilangan rasional dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan rasional serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan  pengertian bilangan rasional
b.      Membandingkan dua buah bilangan rasional
c.       Menjelaskan operasi hitung penjumlahan bilangan rasional
d.      Menjelaskan sifat operasi hitung penjumlahan pada bilangan rasional
e.       Menjelaskan operasi hitung pengurangan bilangan rasional
f.       Menjelaskan sifat operasi hitung pengurangan pada bilangan rasional
g.      Menjelaskan  operasi hitung perkalian pada bilangan rasional
h.      Menjelaskan  sifat operasi hitung perkalian pada bilangan rasional
i.        Memahami operasi hitung pembagian pada bilangan rasional
j.        Memahami sifat operasi hitung  pembagian pada bilangan
k.      Memberikan contoh penggunaan bilangan rasional dalam kehidupan sehari-hari
4.      Menjelaskan bilangan real, operasi hitung bilangan real dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan real serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian bilangan real
b.      Menyebutkan macam-macam bilangan yang termasuk dalam bilangan real
c.       Menjelaskan  operasi hitung penjumlahan pada bilangan real
d.      Menjelaskan sifat operasi hitung penjumlahan pada bilangan real
e.       Menjelaskan  operasi hitung pengurangan pada bilangan real
f.       Menjelaskan sifat operasi hitung pengurangan pada bilangan real
g.      Menjelaskan  operasi hitung perkalian pada bilangan real
h.      Menjelaskan sifat operasi hitung perkalian pada bilangan real
i.        Menjelaskan  operasi hitung pembagian pada bilangan real
j.        Menjelaskan sifat operasi hitung pembagian pada bilangan real
k.      Memberikan contoh penggunaan bilangan real dalam kehidupan sehari-hari
5.      Menjelaskan  konsep bilangan prima, KPK dan FPB serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan konsep bilangan prima
b.      Membedakan bilangan prima dan bilangan komposit
c.       Memisahkan bilangan prima dengan bilangan komposit
d.      Menjelaskan faktorisasi prima suatu bilangan dengan
e.       Menjelaskan konsep kelipatan suatu bilangan
f.       Menjelaskan konsep kelipatan dari dua buah bilangan atau lebih
g.      Menjelaskan konsep KPK
h.      Memberikan contoh penggunaan KPK dalam kehidupan sehari-hari
i.        Menjelaskan konsep faktor suatu bilangan
j.        Menjelaskan konsep faktor persekutuan dari dua buah bilangan atau lebih
k.      Menjelaskan konsep FPB
l.        Memberikan contoh penggunaan FPB dalam kehidupan sehari-hari
m.    Menjelaskan hubungan antara KPK dan FPB
n.      Memberikan contoh hubungan antara KPK dan FPB serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
6.      Menjelaskan berbagai barisan dan deret bilangan; barisan dan deret bilangan aritmetika; dan barisan dan deret bilangan geometri serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian barisan bilangan
b.      Menjelaskan pengertian deret bilangan
c.       Membedakan antara barisan bilangan dan deret bilangan
d.      Menghitung suku ke-n dari suatu deret bilangan
e.       Menghitung  jumlah n suku pertama dari suatu deret bilangan
f.       Memberikan contoh penggunaan barisan dan deret bilangan dalam kehidupan sehari-hari
g.      Menjelaskan pengertian barisan bilangan aritmetika
h.      Menghitung  suku ke-n suatu barisan bilangan aritmetika
i.        Menjelaskan pengertian deret bilangan aritmetika
j.        Menghitung  jumlah n suku pertama dari suatu deret bilangan aritmetika
k.      Memberikan contoh penggunaan barisan dan deret bilangan aritmetika dalam kehidupan sehari-hari
l.        Menjelaskan pengertian barisan bilangan geometri
m.    Menghitung suku ke-n suatu barisan bilangan geometri
n.      Menjelaskan pengertian deret bilangan geometri
o.      Menghitung  jumlah n suku pertama dari suatu deret bilangan geometri
p.      Memberikan contohpenggunaan barisan dan deret geometri dalam kehidupan sehari-hari
7.      Menjelaskan aritmetika sosial dalam jual beli (untung, rugi, rabat, diskon, bruto, neto dan tara) serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian untung, rugi, rabat dan diskon
b.      Menghitung  besarnya untung, rugi, rabat dan diskon
c.       Memberikan contoh penggunaan untung, rugi, rabat, dan diskon dalam kehidupan sehari-hari
d.      Menjelaskan pengertian bruto, neto dan tara
e.       Menghitung  besarnya bruto, neto dan tara
f.       Memberikan contoh penggunaan bruto, neto dan tara dalam kehidupan sehari-hari
8.      Menjelaskan bunga tunggal dan bunga majemuk serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan  pengertian bunga tunggal
b.       Menyebutkan jenis-jenis bunga tunggal
c.        Mennghitung besarnya  bunga tunggal
d.       Memberikan contoh penggunaan bunga tunggal dalam kehidupan sehari-hari
e.        Menjelaskan  pengertian bunga majemuk
f.        Mennghitug besarnya  bunga majemuk
g.        Memberikan contoh penggunaan bunga majemuk dalam kehidupan sehari-hari
4.    Buku teks
Buku Utama:
1.      Kurnia Hidayati. (2015). Matematika 2 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Mahasiswa Ibtidaiyah. Ponorogo: STAIN Po Press.
Buku Pendukung
1.      Bird John, 2002, Matematika Dasar (Terj. Refina Indriasari), Erlangga, Jakarta.
2.      Dali S. Naga, 1985. Sejarah Matematika. Jakarta: Gramedia.
3.      Depdiknas, 2005. Matematika I untuk Mahasiswa PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka.
4.      Forbes, Jack E. & Eicolz, Robert, E. Mathematics for Elementary Teachers. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company, 1971.
5.      Gatot Muhsetyo dkk, 2015, Pembelajaran Matematika SD, Universitas Terbuka, Jakarta.
6.      Herman Tatang, 2015, Bilangan , UPI Press, Bandung.
7.      Karso, dkk., 1998. Buku Materi Pokok Pendidikan Matematika I. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Kelas SD Setara D-2 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
8.      Kenneth, Albert B. 2004. Mathematics for Elementary Teachers : An Activity
9.      Nahrowi Adjie dan Rostika, Deti R, 2015. Konsep Dasar Matematika. Bandung: UPI Press.
10.  Nahrowi Adjie, dkk. 2015, Konsep Dasar Matematika, UPI Press, Bandung.
11.  S. Prabawanto dan Rahayu P. 2015. Bilangan. Bandung. UPI Press.
12.  Sobel, Max A  dan Evan M Malelsky. Penerjemah Suyono 2004. Mengajar Matematika. Erlangga, Jakarta.
13.  Soewito, dkk. 1991. Pendidikan Matematika I.  Jakarta: Departemen Pendiikan dan Kebudayaan.

8. Deskripsi Tugas-tugas
1.      Tugas Harian : Setiap selesai perkuliahan, Anda diminta untuk mengerjakan tugas latihan mandiri yang diberikan oleh dosen pengampu.
2.      Keaktifan di kelas: Anda diharapkan pro aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, baik dengan memberian sumbangan pemikiran maupun sekedar pertanyaan atau kritik yang membangun.
Lain-lain
1.      Hal-hal lain yang masih belum jelas, silakan hubungi no. hp 0813 1710 8449 atau melalui e-mail nina_khdn@yahoo.co.id atau anwarkurniahidayati@gmail.comatau melalui blog www.matematika-pasti.blogspot.com
2.      Anda diberi kebebasan dalam mengikuti mata kuliah Matematika 2 tidak ada paksaan dalam melaksanakan semua tugas, karena semua nilai diberikan secara obyektif tanpa memihak siapapun. Hanya mahasiswa yang mampu mencapai nilai minimal 60% yang dinyatakan lulus mata kuliah ini.
3.      Selamat belajar, sukses tidak akan pernah didapat tanpa ada usaha!


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.