Wednesday, December 23, 2015

Action, Saying, Thinking dan Feeling Verbs


Materi Bimbel hari ini adalah Action, Saying, Thinking, and Feeling Verbs, yuk simak materinya dan selamat belajar!

1. Action Verbs
Action verbs refer to the verbs of "doing" and "happening".
for example;
Doing                      Happening
- create                    - move
- build                      - fall
- make                     - rise
- develop                 - come
- send                      - go
- throw                     - soften
- pour                      - harden
- solve                     - melt
- etc.                       - etc.

2. Saying Verbs
Saying verbs refer to the talking verbs in direct speech.
e.g.: say, ask, answer, reply, shout, rebuke, mutter, speak, tell, whisper, etc.
- The fly asked to the bull "what do you think about me?

3. Thinking Verbs
Thinking verbs refer to the intellect of living things.
e.g.: think, understand, assume, conclude, discover, consider, doubt, believe, etc.
- There was once a little fly who thought he was very important animal.

4. Feeling Verbs
Feeling verbs refer to the sense of living things.   
e.g.: love, enjoy, hate, dislike, regret, fear, like, prefer, etc.
- The little fly felt proud of himself.

5. Verbs of Sense
Verbs of sense refer to the sense of living things.
e.g.: see, notice, observe, feel, smell, taste, watch, hear, etc.
- The fly saw a bull grazing in the field.

Games Matematika SD kelas 5 Semester 2

Pada posting hari ini saya akan sharing tentang Games Matematika SD kelas 5 Semester 2 Dan untuk memperoleh infoemasi nya Silakan anda menuju link berikut ini.Permainan matematika

Monday, December 21, 2015

Silabus Matematika SMA Kelas x Semester 1 dan 2

Pagi dunia pendidikan indonesia !!! hari ini saya ingin saya posting Silabus yang tentunya sangat dibutuhkan oleh guru-guru dalam membantu proses belajar mengajarnya. mau share silabus pelajaran apa nih ? ya tentunya matematika dong lihat aja judulnya " Silabus Matematika SMA Kelas x Semester 1 dan 2 " masak mau share silabus bahasa inggris ato bahasa indonesia.
silahkan lihat silabus

Sunday, December 20, 2015

pembahasan soal operasi aljabar pada bentuk akar

Kali ini kita akan membahas soal operasi aljabar pada bentuk akar materi yang terdapat di SMA kelas x, untuk melihat materinya silahkan unduh di BSE matematika SMA kelas X kurikulum 2015 yang sudah pernah saya share.



diartikel matematika ini saya sediakan beberapa soal tentang operasi aljabar pada bentuk akar disertai dengan pembahasannya. silahkan kalian pelajari persoalan matematika ini

contoh soal dan pembahasan pangkat bulat positif

Diartikel sebelumnya sudah saya share tentang pangkat bulat negaitf, nah untuk kali ini kebalikannya pangkat bulat negatif yaitu pangkat bulat positif, di soal yang akan saya bagikan berisi soal dan pembahasan seperti bagaimanasih mengalikan bilangan atau variabel yang berpangkat positif, cara membagi variabel berpangkat positif, variabel berpangkat kemudian di pangkatkan lagi dan lain sebagainya

cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar

Kembali lagi dengan belajar-soal-matematika.blogspot.com sesuai dengan judul diatas yaitu cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, terus bagaimana caranya menyelesaikan persoalan matematika seperti itu? makanya belajar yang giat ya agar kalian dapat benar-benar menguasai dan memahami persoal-persoalan matematika, untuk mendukung kalian dalam belajar matematika nih saya share beberapa soal

soal dan pembahasan pangkat bulat negatif dan nol

bagaimanasih menyatakan sebuah pangkat negatif menjadi bilangan dengan pangkat positif, nah inilah yang akan kita kaji pada artikel ini untuk membantu anda dalam menyelesaikan persoalang pangkat bulat negatif menjadi positif ataupun sebaliknya dibawah ini saya sajikan beberapa soal pangkat bulat positif disertai dengan pembahasannya. langsung saja read this :


nah itulah soal dan pembahasan

Saturday, December 19, 2015

Penggunaan Modalities (could, would, might and should)


Materi Bimbel hari ini adalah Modalities, yuk simak materinya dan selamat belajar!

Here, we will discuss about modals (could, would, might and should). Understand the patterns and the sentences:

1. could + verb case
We  use this expression to;
a) offering suggestion or possibilities 
e.g.: You could go to school with me
        Perhaps she could help you

b) to indicate that the ability existed in the past, but doesn't exist now
e.g.: I could speak Javanese when I was a kid
        When I was at your age, I could run ten miles

c) to express polite request
e.g.: could you lend me a pen, please?
        could I use your phone?

2. might + verb base   
we use "might" to tell possibilities
e.g.: he might get a flat tire
        he might be at the library

3. would + verb base
a) we use "would" for an action that was repeated regularly in the past
e.g.: I would visit my grandparents in the village, but now not anymore
        when I was a child, I would ask my father to read me a story

b) insert rather into pattern and use "would" to express preference
e.g.: I would rather eat fried chicken than noodles
        I would rather go to the park than stay at home

4. would + mind + verb-ing
we use "would mind" to express polite request
e.g.: would you mind posting the letter?
        would you mind waiting for a moment, please?

5. should + verb base
we use "should" to give definite advice
e.g: you should prepare yourself. you will have a test tomorrow, won't you?
       you should take these pills and have a rest.

6. Exercise:
Complete the sentences using would, could, should or might!
1.   When I was a kid, I ____ always go to the beach not far from my house
2.   Rosa can't find Vita in classroom at the second break. She ____ be in library
3.   Drivers ____ pay attention to speed limit.
4.   My father ____ run ten miles in his twenties.
5.   When Hilda was a student, she ____ always do her homework well.
6.   People with high cholesterol level ____ eat low fat food.
7.   I ____ rather study Math than play chess.
8.   ____ you accompany me to go to the mall?
9.   You ____ spend your vacation in Puncak.
10. Every time Vita visited me, she ____ bring me a lot of apples and pears.

UAS TEKNOLOGI PENDIDIKAN


UJIAN AKHIR SEMESTER
Mata Kuliah
:
Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu
:
Kurnia Hidayati, M. Pd
SKS
:
2
Kelas
:
PGMI B
Semester
:
III

1.      Apakah teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam proses pembelajaran? Jika ya, apakah ketiadaan salah satunya dapat menghambat proses pembelajaran tersebut?
2.      Sebutkan kelebihan dan kekurangan penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran! (masing-masing minimal 5 poin)
3.      Menurut Anda lebih efektif dan efisien mana antara penggunaan alat bantu visual atau audiovisual dalam suatu proses pembelajaran? Jelaskan!
4.      Mengapa perkembangan teknologi, aspek sosial, budaya dan ekonomi sangat berpengaruh dalam pemilihan sumber belajar yang baik?

Keterangan: Jawaban dikerjakan di kertas folio bergaris dan dikumpulkan di meja dosen pengampu paling lambat pada jam dan hari pelaksanaan UAS Teknologi Pendidikan.

Cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana

Bagaimana sih Cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana ? berikut ada beberapa soal dan pembahasan tentang persamaan pangkat sederhana. dengan soal-soal matematika ini mudah-mudahan bisa menjadi sarana belajar kalian untuk bisa memahami tentang bab persamaan berpangkat.

oke langsung saja silahkan lihat soal dan pembahan persamaan pangkat sederhana dibawah ini


Bagaimana? mudah bukan untuk

soal mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma

soal dan pembahasan kali ini tentang bagaimana cara mengubah bentuk perpangkatan kedalam bentuk logaritma, sedikit mirip dari artikel sebelumnya yang berjudul soal logaritma dan pembahasannya

silahkan lihat soal-soal mengubah bentuk pangkat ke logaritma dibawah ini :


selamat belajar untuk mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma atau sebaliknya mengubah bentuk logaritma kedalam

soal logaritma dan pembahasannya


Dibawah ini  ada 6 soal logaritma disertai dengan pembahasannya, silahkan kalian pelajari baik-baik mudah-mudah soal-soal logaritma berikut dapat membantu anda dalam belajar matematika.

saran saya anda jangan langsung melihat pada pembahasannya kalian coba dulu untuk menentukan nilai logaritma atau menyederhanakan logaritma dari soal-soal yang sudah di sajikan kemudian baru anda mencocokkan

Materi Hortatory Exposition Text

 

Materi Bimbel hari ini adalah Hortatory Exposition Text, yuk simak materinya dan selamat belajar!

1. Definition:
Hortatory exposition is a text which represents the attempt of the writer to have the addressee do something or act in certain way.
 
2. Purpose:
to persuade the readers that something should or should not be the case or done

3. Text Organization:
1. Thesis
2. Arguments
3. Recommendation

4. Language Features:
- Using abstract nouns
- Using action verbs
- Using emotive and evaluative words

5. Hortatory Exposition Text:

Where should be after High School?
Thesis:
The National examination result will be publicly announced in next short time. Euphoria will flood for those who get success. In the other hand, it will be sorry to hear that there are some of them do not succeed in their national final examination. For those who succeed soon will think to decide; where will they be after graduating high school? Actually it will be easy to decide for those has been arranged and thought earlier but for those have not planned yet, it will be quite confusing

Arguments:
Continuing study for looking for work is the primary choice among them. When they think about continuing study, they will think hard about the time and cost. How long the higher study will last? And how high is about the cost? In the same way, when they think about straightly seeking job, what skill and competence they have got is a big matter of questioning. So, doing both choices in the same time is an alternative.
Continuing study as well as seeking job is possibly done but it will be hard for them. Conventionally studying in the university needs much time to spend especially in the first year. It is true because they have to do and adapt a lot of things in their new higher school. It will be very hard to looking for job, therefore it should come to their mind of continuing studying at higher school from their own home. As result, the available time will be more flexible for them. Then, it will be very possible to seek job and get the appropriate one. This type of studying is publicly known as distance learning.

Recommendation:
As the alternative method of studying, besides the conventional studying which students and the lecturer have to meet in the fixed time and place regularly, distance learning provides possibility to grow better. Possibly working and studying surely will create high quality graduate. Distance learning should appear as a considerable choice for them.

6. Find Out:
1. What does the text tells us about...?
2. According to the text, what should you do after graduating from the school?
3. What is the topic of the text?
4. What is the communicative purpose of the text?
5. "...but it will be hard for them" (par. 3)
    The word "it" refers to ...
 

Friday, December 18, 2015

9 Trik Matematika dasar

Matematika dasar atau hitung-hitungan dapat membuat banyak orang pusing (buat yang nggak suka sih). nah untuk itu artikel kali ini tentang beberapa trik matematika dasar semoga dapat membantu anda sedikit menghilangkan rasa pusing anda.

9 trik matematika dasar :

1. perkalian dengan 11
Kita semua sudah banyak yang tau trik perkalian dengan angka sepuluh – letakkan 0 di ujung angka saja bukan?,

Materi Spoof Text


Materi Bimbel hari ini adalah Spoof Text, yuk simak materinya dan selamat belajar!

1. Definition:
Spoof is a text which tells factual story, happened in the past time with unpredictable and funny ending.
 
2. Purpose:
To tell an event with a humorous twist and entertain the readers

3. Text Organization:
1. Orientation (who were involved in the story, where and when)
2. Event (tell what happened in a chronological order)
3. Twist (provide the funniest part of the story)

4. Language Features:
     - Focusing on people, animals or a certain thing
     - Using action verbs
     - Using adverbs of time and place
     - Using connectives
     - Using past tense

5. Spoof Text:

That Phone is Off
Soon after he left college, Dave found one of his uncles who were very rich and had no children of his own died and left him a lot of money, so he decided to set up his own real estate agency.

Event:
Dave found a nice office. He bought some new furniture and moved in. He had only been there for a few hours when he heard someone coming toward the door of his office.
"It must be my first customer" Dave thought. He quickly picked up the telephone and pretended to be very busy answering an important call from someone in New York who wanted to buy a big and expensive house in the country.

Twist:
The man knocked at the door while this was going on. He came in and waited politely for Dave to finish his conversation on the phone. Then the man said to Dave; “I am from the telephone company and I was sent here to connect your telephone”

6. Find Out:
1. What does the text tells us about ...
2. What is the social function of the text?
3. What lesson you can get from the story above?
4. What tense is mostly used in the text?
5. What kind of the text above? 

Thursday, December 17, 2015

Expressing Sympathy


Materi Bimbel hari ini adalah Expressing Sympathy (ungkapan simpati), yuk simak materinya dan selamat belajar!

When you hear someone is hurt or sad, express your sympathy with the following expressions:

A. Offering Condolences:
- I'm sorry
- I'm sorry to hear about your father
- I'm sorry to hear that your little Twitti died
- Let me offer my condolences
- Let me tell you how sorry I am to hear about your grandmother
- I know how you must feel
- You must feel terrible about losing your brother like that

B. Responding to Condolences:
- Thank you
- That's very kind of you
- There's nothing that can be done about it
- It's God's will, I suppose
- God gives and God takes away
- That's life

C. Example:
Zahira  : Good afternoon, Mr. Henudin?
Mr. Hen: Zahira! I'm so glad you could come.
Zahira  : I'm very sorry to hear about Raffi's death. It must be pretty hard on you.
Mr. Hen: It is. He was so young. Why did he have to die?
Zahira  : I know how you must feel. I feel like Raffi was my friend too.
Mr. Hen: Well, God gives and God takes away.

D. Practice:
work in pairs, create a conversation about expressing sympathy and give responses based on these situation;
1. A man meets a friend after his father's funeral
2. A friend is talking with a deceased person's sister at the funeral

Contoh Conjunction in Complex & Compound Sentences


Materi Bimbel hari ini adalah Conjunction in Complex-Compound Sentences, yuk simak materinya dan selamat belajar!

1. Complex sentence is a sentence with one independent clause and at least one dependent clause.
e.g.: Lampung where I was born is hot

Conjunctions in Complex Sentence;
a. to express time (after, before, since, until, when, while, as)
- while Sarah was getting ready for bed, she heard someone fire a gun.
- I have been acting in movies since I was young.
b. to express cause (because, since, as)
- since Mark is only seven years old, he cannot vote yet.
- Teddy refused to marry that beautiful girl because he didn't love her.
c. to express condition (if, unless)
- unless her stepmother gave her permission, Cinderella wouldn't go anywhere.
d. to express concession (although, even though, though)
- Benny was not accepted by the university although he had good grades.
e. to express purpose (in order to, so that)
- My father took an extra job so that our family could take a vacation in Summer.
f. to express identification (that, when, where, who)
- I want to talk to the little girl who is wearing the white dress.
- Citra chose the dog that was running around and barking.


2. Compound sentence is a sentence with multiple independent clauses but no dependent clauses.
e.g.: she is absent for it is raining now

Conjunctions in Compound Sentence (and, but, so, or)
 - The man ate shrimp and the woman sipped champagne.

3. Compound-Complex sentence is a sentence with multiple independent clauses and at  least one dependent clause.
 e.g.: the dog lived in the backyard, but the cat who knew he was superior, lived in the house

Conjunctions in Compound-Complex Sentence (while, when)
- while the waiter served dessert, the man ate shrimp and the woman sipped champagne.

Judul Skripsi Bahasa Inggris


Penulisan Skripsi adalah salah satu kegiatan yang wajib dilaksanankan oleh Mahasiswa yang sudah berada pada tahap akhir dari masa perkuliahannya. Tujuan dari penulisan Skripsi adalah sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana pada program studi yang diikuti selama beberapa semester di bangku kuliah.

Tetapi dalam pelaksanaan penulisan skripsi, kebanyakkan Mahasiswa masih merasa kesulitan dan kebingungan untuk memulai menulis dan menjadikannya sebagai sebuah penelitian. Terutama ketika mereka akan menentukan Judul dari skripsi yang akan mereka buat, istilahnya: bikin judulnya aja susah, apalagi isinya??

Maka tak heran jika sebagian dari mereka banyak yang mengambil jalan pintas dengan cara membeli skripsi yang sudah jadi dari penyedia jasa pembuatan skripsi dengan harga yang relatif cukup mahal untuk ukuran kantong Mahasiswa.

Oleh karena itulah, saya akan mencoba membantu bagi Mahasiswa yang sekarang sedang kebingungan untuk menentukan judul skripsinya, berikut akan saya berikan beberapa referensi judul skripsi bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Judul-judul berikut hanyalah referensi saja yang diharapkan dapat sedikit membantu para Mahasiswa yang sedang sibuk kesana-kemari mencari dan menentukan judul yang sesuai untuk skripsinya.

1.  The Influence of Using Literature Response Journal to Improve Students' Ability in Writing Narrative Text
2. The Influence of Logic Game Towards Students' Vocabulary Mastery
3. The Influence of Focused Reading Note Technique Towards Students' Ability in Reading Recount Text
4. The Influence of Silent Reading to Improve Students' Ability in Reading Descriptive Text
5. The Influence of Race to The Board Game Towards Students' Vocabulary Mastery in Reading Descriptive Text

Untuk lebih lengkapnya mengenai referensi judul skripsi pendidikan bahasa inggris, baik yang merupakan Penelitian Experiment maupun yang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) klik DISINI
Semoga bermanfaat! 

Monday, December 14, 2015

Tugas Remidial Matematika



Ketentuan Remidi Matematika

Siswa yang mengikuti remidi adalah siswa dengan nilai tes kurang dan / atau nilai rata-rata akhir  belum mencapai KKM. Adapun nama-nama siswa yang diwajibkan mengikuti remidi bisa dibaca pada papan pengumuman di depan ruang guru/perpustakaan.


Berikut ini ketentuan remedial:
  • Untuk siswa kelas XII IPA yang mengikuti remidi diberikan 2 (dua) buah tugas, yaitu:
  1. Tugas individu: membuat ringkasan rumus-rumus materi matematika kelas XII semester 1 dari bab 1 – bab 5 di buku masing-masing.
  2. Tugas kelompok: membuat soal dan pembahasan 10 butir yang terdiri dari 5 bab,  tiap bab 2 buah soal. Tiap kelompok terdiri dari maksimal 4 siswa. Soal diketik menggunakan Microsoft word dan dikumpulkan dalam bentuk file.
  3. Kedua tugas dikumpulkan paling lambat hari Rabu, 18 Desember 2015 Pukul 12:00 WIB.
  • Untuk siswa kelas XI IPA dan XI IPS yang mengikuti remidi diberikan tugas:
  1. Menulis artikel tentang materi peluang (rumus-rumus, soal dan pembahasan, atau artikel tentang manfaat peluang dalam kehidupan sehari-hari)
  2. Artikel diposting di blog siswa masing-masing dan menuliskan alamat blognya di kolom komentar di bawah postingan ini.
  3. Penilaian akan dilakukan paling akhir hari Rabu, 18 Desember 2015 Pukul 24:00 WIB.
Demikian tugas pengganti remidial ini untuk diperhatikan dan dikerjakan dengan sebaik-baiknya.
a.

Thursday, December 10, 2015

Soal Remidi Matematika

Silahkan klik link di bawah ini untuk mengunduh soal remidi matematika kelas X dan kelas XII.
SOAL REMIDI KELAS X
SOAL REMIDI KELAS XII

Rumus Prisma segitiga Lengkap ( Luas dan Volume )

Rumus prisma segitiga, sebenarnya sudah pernah admin bagikan artikel yang berjudul rumus matematika sekolah dasar, yang sudah berisi menganai rumus-rumus dari limas entah rumus limas untuk mencari luas permukaan atau untuk mencari volum dari limas itu sendiri.

Tapi tidak ada salahnya jika admin membahasnya tersendiri karena memang ada yang menanyakan pada admin mengenai apasih rumus limas

Sunday, December 6, 2015

Wednesday, December 2, 2015

Permainan Menebak Angka dalam Pikiran

mind number

Berikut ini ada permainan tebakan logika matematika menebak angka dalam pikiran yang menarik dan bisa digunakan sebagai intermezzo atau selingan untuk mengatasi kejenuhan.

Trick 1: Angka di bawah 10
Langkah 1: Pikirkan sembarang angka antara 1 sampai 9
Langkah 2: Kalikan dua
Langkah 3: Hasilnya tambahkan dengan enam
Langkah 4: Kemudian bagilah dengan dua
Langkah 5: Hasilnya kurangi dengan angka yang kamu pikirkan semula
Jawabannya adalah....

Jawabannya: 3


Trick 2: Sembarang angka
Langkah 1: Pikirkan sembarang angka
Langkah 2: Angka yang kamu pikirkan kurangilah satu
Langkah 3: Kalikan hasilnya dengan tiga
Langkah 4: Hasinya tambahkan dua belas
Langkah 5: Bagilah dengan tiga
Langkah 6: Selanjutnya tambahkan lima
Langkah 7: Kurangkan dengan angka yang kamu pikir semula
Langkah 8: Terakhir tambahkan hasilnya dengan tujuh
Jawabannya adalah....

Jawabannya: 15


Trick 3: Sembarang angka
Langkah 1: Pikirkan sembarang angka
Langkah 2: Angka yang kamu pikirkan kalikan tiga
Langkah 3: Hasilnya tambahkan dengan 45
Langkah 4: Kemudian kalikan dua
Langkah 5: Hasilnya bagilah dengan enam
Langkah 6: Kurangi dengan angka yang kamu pikirkan semula
Jawabannya adalah....

Jawabannya: 15


Konsep permainan tebakan matematika ini sebenarnya sederhana sekali, bahkan sudah diajarkan di jenjang sekolah dasar. Silahkan anda pelajari kembali.

Tips : Bereksperimenlah dengan memisalkan bilangan yang ada di pikiran itu x, maka anda akan tahu rumusnya.


Demikianlah sedikit permainan dan tebak-tebakan matematika sederhana sebagai bahan intermezzo di kala suntuk. Anda bisa mendapatkan permainan dan game matematika lainnya di sini Permainan Matematika Bilangan dan di sini Game tebakan Matematika
Jika kepala sudah terasa enteng dan ingin mempelajari materi selanjutnya silakan membuka materi matematika di sini Materi Matematika SMA Komplit
Atau jika anda menginginkan rumus-rumus ringkasnya dan ingin mendownload rumus-rumus trigonometri di atas, anda bisa menuju Kumpulan Modul dan Rumus-rumus Matematika
Untuk peta materi secara keseluruhan silahkan ke halaman iniMateri Matematika SMA Kurikulum 2015
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Semoga ada manfaatnya.

Permainan Geometri


Diketahui sebuah lingkaran di dalam persegi. Jika ukuran persegi panjang kecil adalah 6 x 3 cm, tentukan panjang diameter lingkarannya!

Permainan Menjodohkan


Pasangkan gambar-gambar yang sama dengan menarik garis yang menghubungkan keduanya tanpa ada garis yang berpotongan!

Tuesday, December 1, 2015

Tips dan Trik Pembelajaran yang Menyenangkan


Sebelum menjelaskan tips dan trik untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan menyenangkan maka terlebih dahulu perlu dipahami apa itu gaya belajar. Dalam belajar, setiap orang mempunyai gayanya masing-masing.

Gaya belajar seseorang adalah cara ia memahami dan memproses informasi baru, memperoleh pengalaman belajar baru, dan/atau memecahkan suatu masalah.

Seorang guru yang efektif dalam memberdayakan siswanya dalam belajar adalah seorang motivator, pakar, dan sekaligus pelatih, serta tahu kapan ia harus membiarkan siswanya belajar sendiri.
Maka, agar kegiatan belajar itu menjadi menyenangkan dan lebih menarik, terlebih dahulu guru haruslah menyenangi materinya, mempunyai semangat atau antusiasme yang tinggi dalam pembelajaran, dan meluangkan waktu yang cukup untuk menyiapkan pembelajaran. Lebih-lebih untuk pelajaran matematika yang sudah terlanjur dianggap sulit dan menjadi momok; perlu dirancang strategi pembelajaran matematika yang efektif dan sistematis.
Seorang guru yang baik tidak hanya mengajar, tetapi menginspirasi siswanya.
Tidak hanya bertanya apa dan bagaimana, tetapi juga menggali mengapa dan bagaimana jika. 
Bukan hanya memberikan materi pelajaran, tetapi juga menumbuhkan minat dan kemampuan untuk belajar. Ia juga mengajarkan siswa untuk menghargai pengetahuan, dan bagaimana memainkan peran dalam pembangunan manusia dan pemahaman tentang kehidupan pada umumnya.