Saturday, October 31, 2015

Aplikasi HP untuk membantu belajar matematika

Beikut beberapa aplikasi hp yang dapat membantu anda dalam belajar matematika yang saya dapat dari situs m-edukasiana

Hubungan Antar Sudut

Kode        : MAT022010
Produksi   : 2010
Platform    : Flash Lite
Format      : Tutorial
Versi         : Final
Mapel       : Matematika
Penulis      : Teguh Riyadi, S.Kom
Sinopsis     : Program tutorial ini berisi penjelasan hubungan antar sudut berpelurus,

Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi 2015

Apa kabar para pecinta matematika? kali ini saya akan bagikan info yang barangkali kalian minat untuk mengikutinya. Sebenarnya sih saya sendiri juga ingin mengikuti tapi mau gimana lagi waktu juga belum memungkinkan.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka akan mengadakan Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi 2015 pada hari senin 18 November 2015.

Thursday, October 29, 2015

Langkah-Langkah Menyusun RPP sesuai Kurikulum 2015

Langkah-langkah Penyusunan RPP Untuk Kurikulum 2015~ Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rencana kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk dapat mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Standar Isi dan di jabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar terdiri atas 1 (

Silabus Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2015

Silabus Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2015


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA ‎SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII KURIKULUM 2015‎


Satuan Pendidikan

:

SMP/MTS


Kelas / Semester

:

VII (Tujuh)/1 (Satu)


Kompetensi Inti*






Kompetensi Inti 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur,

RPP Matematika SMA Kurikullum 2015

RPP Matematika SMA Kurikullum 2015, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah rencana kerja yang memuat prosedur dan pelaksanaan atau pengoperasian pembelajaran untuk mencapai sebuah kompetensi dasar yang yang akhirnya harus memenuhi standar isi.

Tidak bisa dipungkiri sebenarnya banya para guru yang tidak mau membuat rencana pelaksaan

Contoh RPP Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2015

Contoh RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk tingkat SMP mate pelajaran matematika, kali ini saya bagikan hasil surfing saya di internet tentang contoh RPP yang saya dapatkan.

Pada Kurikulum 2015 ini semua perangkat belajar sebenarnya sudah disediakan namun dalam penyebarannya belum menyeluruh, barangkali untuk para guru yang belum mendapatkan perangkat belajar yang satu ini yaitu rpp

Wednesday, October 28, 2015

Pengertian Theme - Rheme


Materi Bimbel hari ini adalah Theme-Rheme, yuk simak materinya dan selamat belajar!

In writing a paragraph, it is common to use certain techniques to expand a topic into a paragraph. One of the techniques is using theme and rheme.

Theme and Rheme help the writer understand how information is conveyed in sentences. If you want to be a good writer, you should put the Theme (old information) first. This will tell the reader what you are going to talk about.

The Rheme (new information) tells the reader something about the Theme (old information). Theme is useful in helping students understand how to organize information at a sentence level.

Theme and Rheme also play an important part of meaning negotiation in writing. To write, a learner needs to start with a sentence and then he/she negotiates the first sentence to make the second sentence, the third and so on. So, a learner starts with a sentence he/she can write without stopping.

Look at these sentences:
The television has done a lot of good things to people in every aspect of life.
    Theme                                                                           Rheme
It helps educate young people
Theme                Rheme
It provides entertainment at home
Theme                 Rheme
It tells us about things happening throughout the world
Theme                                              Rheme

Take a look at another example:
Researchers in Pace University have created a new formula of Green Tea
               Theme                                                          Rheme
This Green Tea contains a certain substance
     Theme                                  Rheme
The bacteria may cause tooth decay and bad smelling breath
   Theme                                                            Rheme

Permainan Logika dan Penalaran Matematika Persamaan Linier

Cara membuat Sumur Bor
Kali ini tebak-tebakan logika/teka-teki matematika/permainan matematika yang akan kita bahas adalah tentang persamaan linier. Soal tentang persamaan linier yang umum kita temui di soal-soal buku SMA biasanya mudah diselesaikan menggunakan metode eliminasi, substitusi, metode gabungan ataupun menggunakan grafik. Tetapi kadang ada juga soal yang membutuhkan penalaran bagus untuk dapat menyelesaikannya dengan cepat dan ringkas. 
Untuk jenjang SMA, proses pembelajaran matematika bab pesamaan linier diajarkan di jenjang kelas X. Kompetensi akhir yang diharapkan adalah siswa nantinya dapat memecahkan masalah persamaan linier dan menyajikan pemecahan masalah tersebut sebagai terapan dari konsep dan aturan penyelesaian persamaan linier. 
Berikut ini adalah contoh soal tebak-tebakan logika dan penalaran dalam matematika bab persamaan linier:
Fatah, Gino, dan Haris adalah seorang kuli penggali sumur. Untuk menggali sebuah sumur yang identik, berikut ini adalah catatan waktu mereka:
Ketika Fatah dan Gino bekerja bersama mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 4 hari
Ketika Fatah dan Haris bekerja bersama mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 3 hari.
Ketika Gino dan Haris bekerja bersama mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 2 hari.
Jika Fatah bekerja sendirian, berapa waktu yang dibutuhkannya untuk menggali sebuah sumur?
Silahkan anda selesaikan permasalahan di atas menggunakan konsep yang sudah anda ketahui. Sebagai petunjuk akan cukup membantu jika anda bisa menalar dan mencari solusi dari tebakan logika di atas dengan intuisi terlebih dahulu.
Demikian tebak-tebakan logika dan permainan matematika tentang persamaan linier. Jika anda tertarik untuk mendownload modul yang berisi ringkasan materi dan rumus, contoh penyelesaian soal dengan cara biasa dan cara cepat (smart solution), dan soal-soal latihan untuk menguji pencapaian kompetensi anda, silakan menuju ke sini.

Hehehe.. coba jawab dulu ya..

Tuesday, October 27, 2015

permainan matematika dan kotak angka

Permainan matematika !!! Mungkin  anda pernah mendapat sebuah tebakan dengan pertanyaan seperti berikut “Ada bilangan yang terdiri dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. dan kemudian semua bilangan tersebut di masukkan ke dalam kotak persegi yang terbagi dengan sembilan kotak. Bagaimana cara menyusun bilangan tersebut agar diperoleh hasil dari jumlah angka horisontal, vertikal, maupun

Materi Program Linear dan Algebra

Materi Program Linear merupakan materi pembelajaran Matematika yang harus diajarkan pada kelas XII SMA/MA baik IPA maupun IPS. Secara umum materi program linear bukanlah materi yang sulit bagi siswa karena materi ini cukup sederhana dan tidak kompleks karena dasar-dasar dari materi program linear ini adalah materi sistem persamaan linear. Secara lengkap materi program linear dapat kalian download

Monday, October 26, 2015

Modul dan Ringkasan Materi Matematika SMA

Berikut ini saya postingkan modul pelajaran Matematika SMA mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII.
Modul ini disusun sedemikian rupa, mulai dari materi dan rumus-rumus singkat, latihan soal beserta pembahasan dengan metode biasa dan metode cepat (smart solutions) matematika, dan soal uji kompetensi untuk mengukur tingkat keberhasilan anda dalam belajar tentang bab yang sedang dipelajari. Silahkan di download.

  1. Bentuk Pangkat dan Akar 
  2. Sistem Persamaaan Linier 
  3. Persamaan dan Fungsi Kuadrat 
  4. Pertidaksamaan 
  5. Logika Matematika 
  6. Trigonometri 
  7. Dimensi Tiga  
  8. Statistika 
  9. Peluang 
  10. Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers 
  11. Limit Fungsi 
  12. Turunan  
  13. Program Linier 
  14. Matriks 
  15. Barisan dan Deret
::UPDATE...::
Materi Matematika Lengkap sesuai Kurikulum 2015 untuk Kelas X, Kelas XI dan Kelas XII silahkan menuju ke sini...

Modul di atas saya susun dengan dasar pemikiran bahwa salah satu hambatan dalam pembelajaran matematika adalah banyak siswa yang tidak tertarik pada matematika itu sendiri. Dengan adanya motivasi yang baik, siswa akan lebih mudah dan senang belajar matematika. Nah, di dalam modul tersebut sudah saya cantumkan cara-cara singkat dalam mengerjakan soal-soal matematika SMA--yang biasanya menjadi 'yang paling dicari' oleh para siswa.
Selanjutnya tentang anggapan umum bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sukar dan menjemukan, harus secara sistematis dihilangkan dengan jalan meramu pembelajaran matematika dengan strategi yang variatif, di antaranya ditunjukkan bahwa pembelajaran matematika dapat dilangsungkan di luar kelas (outdoor mathematics) atau dapat berupa teka‐teki maupun permainan sehingga kita dapat berekreasi dengan matematika.
Di dalam blog ini juga saya menulis beberapa permainan matematika dan tebakan-tebakan logika yang dapat digunakan sebagai selingan , trigger, ice breaker, atau menjadi bahan pembelajaran matematika itu sendiri.
Kalau anda tertarik silakan ke sini atau ke sini.
Semoga bermanfaat.

Materi Review Text



Materi Bimbel hari ini adalah Review Text, yuk simak materinya dan selamat belajar!

1. Purposes:
 - to summarize, analyze, and respond to art works
 - to critique an art work or event for a public audience

2. Text Organization:
a) Orientation (background information on the text)
b) Interpretative Recount (summary of an art work (including characters and plot))
c) Evaluation (concluding statement: judgement, opinion, or recommendation)
d) Evaluative Summation (the last opinion consisting of the appraisal or punchline of the art work being reviewed)

3. Language Features:
- Using adjectives and phrases of appraisal
- Using metaphorical expressions
- Using noun phrases

4. Review Text:

Original Soundtrack of Brownies
Orientation:
Bisa Saja was chosen as the first single of the album and theme song of Brownies because the lyrics reflect the story in the movie.
Budjana of GIGI demonstrates his skills in playing acoustic guitar in Cinta Terakhir. Three other brand new songs, Dilema, Jangan Bilang Pacarku, and Semua Orang Berhak Mendapat Rasa Bahagia, give supporting nuances to the flow of the movie. GIGI composed them by imagining how the scenes would look like based on the screenplay.

Interpretative Recount:
When Hanung Bramantyo (the director) and Dewa Budjana of GIGI chatted, Budjana expressed his interest in making a soundtrack album. Then, he recommended a few GIGI songs, which the producer accepted because of the chemistry they created with the movie.
Since GIGI could provide a variety of colors to add all kinds of musical nuances to enrich the movie, the producer deemed it unnecessary to find other musicians to complete the Ost. of Brownies.

Evaluation:
Armand Maulana (vocal), I Gede Dewa Budjana (guitar), Thomas Ramadhan (bass), and Gusti Efendhy (drum-stand-in player for Budhy Haryono) put a lot of effort into this album. As a result, they've created a perfect blend of a movie and songs that makes Brownies tastier.

Evaluative Summation:
It's always fun to have a piece of brownies in your mouth. But having it on your stereo is more entertaining. No movie is perfect without a musical score and Ost. of Brownies has proved it excellently.

5. Find Out:
1) What does 'Ost.' stand for?
2) Why was the song Bisa Saja chosen as the theme song?
3) Why did the director of the movie approve of nominating GIGI to make the soundtrack?
4) What is the writer's opinion of this soundtrack album?
5) What words are used by the writer to show the appraisal for this song album?

Sunday, October 25, 2015

Pikatan, Juara Olimpiade Matematika dunia 2015

Sudah beberapa kali indonesia memenangkan olimpiade matematika tingkat dunia kabar terakhir yang admin baca salah satu website berita adalah Pikatan Arya Bramajatiyang merupakan Siswa kelas 6 SDN 2 Sokanegara Purwokerto, Jawa Tengah kembali mengharumkan Indonesia dengan menyabel juara umum lomba matematika sedunia yang diadakan di india. Pikatan merupakan satu-satunya siswa yang mempersembahkan

Penggunaan Adverbs of Manner


Materi Bimbel hari ini adalah Adverbs of Manner, yuk simak materinya dan selamat belajar!

Adverbs of manner tell us the manner in which something happen.
Look at these sentences:
1. The waste of nuclear products completely destroys the environment.
2. The nuclear blast imperiled the environment and humans severely.

The words 'completely' and 'severely' are called adverbs
Adverbs explain how something is done.
Adverbs are usually formed by adding -ly or -ily to adjectives.

The adverbs are usually put before or after the main verbs and after the direct object.
e.g.: - He drives carefully
        - She smiled cheerfully
        - They have finished the work quickly
        - He drives his car carefully

Remember!
1. The position of adverbs before the main verb is emphasizing the verb.
e.g.: The waste of the nuclear products completely destroys the environment
2. The position of adverbs of manner in passive sentences is usually right after the verb to be.
e.g.: - The moon was beautifully decorated
        - The lesson was completely taught to the students.
3. There are adverbs that have the same form of adjectives.
e.g.: early, far, fast, hard, late, long, much, near, soon, daily, little, high, deep.
4. The adverbs of 'good' is 'well'
5. The suffix -ly in words such as badly, highly, and deeply mean 'very'.

Exercise:
1. We waited ____ for David to turn up, but he must forget all the appointment.
2. When he turn up, the show had ____ started.
3. It was an exciting show, but ____ we miss the first part of it.
4. She packed her books and placed them ____ on the shelf.
5. The doctor examined her ____ and then ____ shook his head.
6. I found the child weeping ____ at the door-step, so I bought him in.
7. The policeman knocked on the door and demanded ____ for it to be opened.

Materi Discussion Text


Materi Bimbel hari ini adalah Discussion Text, yuk simak materinya dan selamat belajar!

1. Definition:
Discussion text is a text which presents a problematic discourse. This problem will be discussed from different viewpoints. Discussion text is commonly found in philosophical, historic, and social text.
 
2. Purpose:
a) to explore various perspectives before coming to an informed decision.
b) to present information and opinions about more than one side of an issue ('for' and 'against' points)

3. Text Organization:
a) Opening statement presenting the issue
b) Arguments or evidence for different points of view (pros and cons)
c) Concluding recommendation


4. Language Features:
- Using general nouns (e.g.: alcohol, abortion, smoking, cloning, etc.)
- Using relating verbs (e.g.: is, are, etc.)
- Using thinking verbs (e.g.: think, feel, hope, believe, etc.)
- Using additive connectives (e.g.: in addition, furthermore, besides, etc.)
- Using contrastive connectives (e.g.: although, even if, nevertheless, etc.)
- Using causal connectives (e.g.: because, because of, etc.)
- Using modalities (e.g.: perhaps, must, should, etc.)
- Using adverbs of manner (e.g.: hopefully, deliberately, etc.)

5. Discussion Text:
The Controversy of Harnessing Solar Energy
Issue:
We often hear about solar cars, solar heating, and solar batteries. But will solar energy ever be a major source of energy for society?

Argument 'for':
Solar energy is cheaper than other fossil fuels because we can get an abundant source from the sun.
In sunny desert areas, 50% of the sun's radiation that reaches the ground could be used to produce electricity for business and industry, to provide heat, light, and hot water for homes. Experimental solar ponds can also produce hot water to drive generators.

Argument 'against':
Unfortunately, we can't yet power our homes entirely on sunlight.
Solar energy can only be used effectively in bright light. Its greatest potential, therefore is in hot countries that have clear skies for most of the year. But, unfortunately most houses are not always in the sunniest part of the world. Moreover, in order to harness solar power solar cells are needed to convert sunlight directly into electricity. Solar cells are very cheap to run, but relatively expensive to buy and many people can't afford them.

Conclusion:
Needless to say, solar energy is a useful and non-pollution source of energy. Unfortunately, solar cells, the main device to harness the sun's energy are still very expensive.

6. Find Out:
1) What is the purpose of this text?
2) What do you call this kind of text?
3) Explain the following terms in your own words!
     a. What is the content of the issue?
     b. What does the argument 'for' consist of?
     c. What does the argument 'against' consist of?
     d. What is the content of the conclusion?
4) What do you think of the speaker's attitude? Partial or impartial? How do you know?
5) The text above is mostly written in the ... tense.
6) Write all the technical terms that you can find in the text.
    

Saturday, October 24, 2015

Cara Mengetahui Kemampuan Matematika Sejak Bayi

Penelitian untuk mengetahui bakat dalam dunia matematika bisa diketahui sejak bayi berumur 6 bulan, sesuai yang dilansir dari discovery news yang mengatakan bahwa kepekaan primitif terhadap angka yang dimiliki bayi brumur 6 bulan mereka dapat membedakan item-item dengan kelompok angka berbeda, yang ditengarai kemampuan inilah yang bisa memperlihatkan bayi memiliki kemampuan dalam belajar

Friday, October 23, 2015

PELATIHAN GURU MATEMATIKA SMP/MTS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2015

Modul bahanajar ini merupakan bahan ajar wajib dalam rangka untuk pelatihan calon instruktur, guru inti, dan guru  untuk dapat memahami Kurikulum 2015 dan kemudian dalam proses pembelajaran disekolah.

Kurikulum 2015 diberlakukan secara bertahap mulai th. ajaran 2015-2015 melalui pelaksanaan terbatas, khusus bagi sekolah-sekolah yang siap melaksanakannya. Pada Tahun Ajaran 2015/2015, Kurikulum

Teka-Teki Logika

Ada lima orang anak laki-laki; Anto, Banu, Cecep, Denis, dan Endro sedang menjalani pemeriksaan di ruang BP. Salah satu dari kelima anak ini telah mencorat-coret tembok kelas menggunakan spidol.
Anto berkata, "Ini adalah ulah Banu atau Cecep".
Banu berkata, "Aku dan  Endro tak mungkin melakukannya."
Cecep menimpali, "Kalian berdua bohong!"
Denis mengatakan, "Tidak, salah satu dari mereka berbohong."
Endro berkata, "Tidak, Denis, itu tidak benar."
Ketika Guru BP berkonsultasi pada Wali Kelas, Wali Kelas itu berkata, "Tiga dari anak-anak ini selalu berkata benar sedangkan lainnya selalu berbohong ."
Pertanyaannya, siapakah yang telah mencorat-coret tembok kelas?

SD Kelas 01 Tematik Kurikulum 2015

Kurikulum 2015 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya di rumuskan secara terpadu kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus di kuasai peserta didik. Juga di rumuskan proses pembelajaran serta penilaian yang diperlukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku yang mengacu pada kurikulum ini harus dirancang dengan menggunakan proses belajar yang

Tuesday, October 20, 2015

Tebak-Tebakan Logika Menarik

tebakan tukang ojeg
Seorang pengusaha yang kaya raya iseng menemui dua tukang ojek yang sedang mangkal. Dia meminta mereka untuk balapan menuju suatu tempat dan akan memberikan hadiah sebesar sepuluh juta rupiah. Pemilik motor yang paling lambat sampai akan menjadi pemenangnya. Dua tukang ojek itu kebingungan. Pada awalnya mereka menjalankan motornya pelan sekaliii.. Kemudian setelah beberapa saat mereka berhenti. Tapi lima menit kemudian, setelah mereka berdiskusi sejenak kedua tokeng ojek itu segera menyalakan motor dan memacu secepatnya menuju tempat yang dituju. Kenapa bisa begitu? Kira-kira apa yang telah mereka diskusikan dan sepakati?

Tebakan Aritmatika Matematika

Diberikan pernyataan matematika sebagai berikut:
62 -63 = 1
Buatlah pernyataan tersebut menjadi bernilai benar dengan memindahkan letak salah satu digit angka pada pernyataan di atas!


Silahkan tekan tombol di bawah jika Anda penasaran dan ingin mengetahui solusi dari permasalahan di atas.

I N G A T! ! ! Hanya boleh ditekan jika Anda sudah bilang (dalam hati) aku menyeraaahhhh...!

silakan klik di sini

Strategi Pemecahan Masalah Matematika

Pengertian Masalah 

Ada lima tujuan pembelajaran matematika di SMA-MA (Depdiknas, 2006) yang harus dicapai para siswa SMA-MA selama proses pembelajaran matematika, yaitu: 
  1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah; 
  2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika; 
  3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh; 
  4. Menkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah; 
  5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. 
Sebelum membahas masalah dan pemecahan masalah, perhatikan contoh berikut: 


Bilangan 15 dapat dinyatakan sebagai jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan dalam tiga cara, yaitu:
15 = 1 + 2 + 3 + 4 + 5
15 = 4 + 5 + 6
15 = 7 + 8
Nyatakan bilangan 210 sebagai jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan. Tuliskan dengan sebanyak-banyaknya cara.


Apakah soal tersebut merupakan masalah bagi Anda? 
Selanjutnya perhatikan lagi contoh berikut: 


987654321 x 9 = ... 


Pada contoh yang pertama ada tantangan yang terkandung di dalamnya dan belum diketahui prosedur rutin pemecahannya. Sedangkan untuk contoh soal yang kedua saya yakin bukan menjadi 'masalah' untuk para pembaca. 
Secara umum suatu pertanyaan dikategorikan masalah atau pertanyaan biasa ditentukan oleh ada tidaknya tantangan dan prosedur rutin pemecahan yang belum diketahui. 

Strategi Pemecahan Masalah

Permendiknas No. 22 (Depdiknas, 2006) tentang Standar Isi menyatakan bahwa tujuan pelajaran matematika SMA agar para siswa dapat:
“Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.” 
Dari formulasi di atas, paling tidak ada empat langkah pada proses pemecahan masalah yang harus dikuasai para siswa sehingga harus dilatihkan kepada mereka, yaitu:
  1. Memahami masalah, 
  2. Merancang model matematika, 
  3. Menyelesaikan model, dan 
  4. Menafsirkan solusi yang diperoleh.

Friday, October 16, 2015

Contoh Soal Relasi dan Fungsi + Pembahasannya

Contoh soal relasi dan fungsi beserta pembahasannya, lanjut yuk belajar matematematikanya karena kemaren ada yang menanyakan tentang soal relasi dan fungsi makanya kali ini admin buat artikelnya. Kali aja temen-temen juga lagi belajar mengenai bab ini.

Tadinya sih tak suruh nyari soal dan jawaban matematika bab relasi di blog ini eh ternyata belum ada artikel khusus untuk yang membahas mengeai

Wednesday, October 14, 2015

Soal-soal Olimpiade matematika Provinsi tingkat SMP th 2015

Berikut saya sajikan soal-soal olimpiade tingkat provinsi bidang studi matematika.

ini contoh soal olimpiade sains nasional tingkat smp bidang studi matematika



Jumlah tiga bilangan adalah 19. Jika bilangan pertama dan bilangan kedua masing-masing dikurangi 1, maka diperoleh dua bilangan dengan rasio 1 : 3. Jika bilangan kedua dan ketiga masing-masing ditambah 3, maka diperoleh dua bilangan

Tuesday, October 13, 2015

Perkalian Akar ! apa dan bagaimana ?

Perkalian akar, masih ingat dengan sifat √ab = √a × √b ya benar untuk menyederhanakan suatu akar kita dapat menggunakan sifat tersebut dan penting untuk diingat bahwa nilai a dan juga b harus dari bilangan rasional positif sedangkan untuk operasi perkalian akar kita akan menggunakan sifat √a × √b = √ab. kebalikan dari sifat pertama tadi :v




Belajar matematika tidak afdol rasanya tanpa contoh

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya.

Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak

cara menghitung perkalian pecahan campuran

Artikel Kali ini tentang cara menghitung perkalian pecahan campuran, Seperti hukum operasi bilangan lainnya kalo ditempat saya biasanya disebut dengan pipolanda. ada yang tau maksud dari wejangan tersebut? pipolando merupakan konsep rumus matematika sederhana yang artinya ping poro lan sudo ( dalam bahasa jawa) kalo dalam bahasa indonesia biasanya operasi bilangan campuran dapat dejelaskan pada

Materi Explanation Text



Materi Bimbel hari ini adalah Explanation Text, yuk simak materinya dan selamat belajar!

1. Definition
An explanation text/an explanatory text is a text that tells or writes about how or why thing happens. 

2. Purpose:
to explain teach step of the process (the how) and to give reasons (the why)..

3. Text Organization:
A) a general statement to position the reader
B) a sequenced explanation of why or how something occurs
C) closing

4. Language Features:
- Focus on generic, non-human participants
- Using general and abstract nouns
- Using action verbs
- Using simple present tense
- Using passive voice
- Using conjunctions of time and cause
- Using noun phrases
- Using technical language

5.  Explanation Text:
      Solar Eclipse
General statement:
Both solar and lunar eclipses are interesting natural phenomena. Many people are interested  to see them. But be careful with solar eclipse! If we look at the Sun directly during a solar eclipse, it can make us blind.

Sequenced explanation:
Do you know how the eclipses happen? Well, sometimes the Moon, moving in its orbit, passes exactly between the Earth and the Sun. A shadow of the Moon tracks across the face of the Earth. for anybody in this shadow the Moon blocks out the light of the Sun. It becomes nearly as dark as night. This called a solar eclipse.

Closing:
Meanwhile, during a lunar eclipse, the Earth blocks light from the Sun. It makes the light cannot reach the Moon and let it Shine.
   
6.  Find Out:
1)  What is the topic of the text above?
2)  What will happen if we look at the solar eclipse with naked eyes?
3)  What is the social function of the text above?
4)  Is the text using complex sentence? Underline it!
5)  What tense is mostly used in the text?

DESKRIPSI MATA KULIAH MATEMATIKA 2



MATEMATIKA 2
Semester Ganjil 2015/2015

Pengantar

A.    Dosen Pengampu                    : Kurnia Hidayati
B.     Jam Kerja                                : 07.00–12.00 (Senin – Kamis)
Pesan/Komunikasi                   : dengan appointmentatau sms          
C.     Mata Kuliah/SKS                    : Matematika 2/2 SKS
Program Studi/Semester         : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/III
Hari/Jam/Ruang                      : Senin 07.00-08.40 BE
                                                  Selasa 08.40-10.20 BA             
                                                            
                                        
1.    Arti Penting Mata Kuliah
Mata kuliah Matematika 2 adalah salah satu kurikulum inti dan termasuk kompetensi utama program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan teori-teori mengenai sistem bilangan juga contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan sebagai bekal dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah. Mata kuliah ini bersifat prerequisite, yaitu hanya mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Matematika 1 yang dapat mengikuti mata kuliah Matematika 2.
 Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan student active learning yang dilengkapi dengan penggunaan komputer, internet dan LCD. Tahap penguasaan mahasiswa dilihat melalui keaktifan di dalam kelas, UTS, UAS, evaluasi terhadap tugas dan absensi. Buku sumber utama: Kurnia Hidayati, (2015). Matematika 2 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. STAIN Po Press.
2.    Kompetensi/Hasil Belajar
Standar Kompetensi:
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar dalam pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah.
Kompetensi Dasar dan indikatornya:
1.      Menjelaskan penulisan bilangan yang menggunakan nilai tempat dan tanpa nilai tempat serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan sistem bilangan Romawi
b.       Memberi contoh penggunaan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari
c.        Mengubah bilangan desimal (Hindu-Arab) menjadi bilangan Romawi
d.       Mengubah bilangan Romawi menjadi bilangan desimal (Hindu-Arab)
e.        Memberi contoh penggunaan bilangan desimal (Hindu-Arab) dalam kehidupan sehari-hari
f.        Mengubah bilangan berbasis 10 menjadi bilangan berbasis 2
g.        Mengubah bilangan berbasis 2 menjadi bilangan berbasis 10
2.      Menjelaskan bilangan bulat, operasi hitung bilangan bulat dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian bilangan bulat
b.      Menjelaskan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pada garis bilangan
c.       Menjelaskan sifat operasi hitung penjumlahan bilangan bulat
d.      Menjelaskan operasi hitung pengurangan bilangan bulat pada garis bilangan
e.       Menjelaskan  sifat operasi hitung pengurangan bilangan bulat
f.       Menjelaskan operasi hitung perkalian bilangan bulat pada garis bilangan
g.      Menjelaskan sifat operasi hitung perkalian bilangan bulat
h.      Menjelaskan operasi hitung pembagian bilangan bulat
i.        Memberikan contoh penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
3.      Menjelaskan bilangan rasional, operasi hitung bilangan rasional dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan rasional serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan  pengertian bilangan rasional
b.      Membandingkan dua buah bilangan rasional
c.       Menjelaskan operasi hitung penjumlahan bilangan rasional
d.      Menjelaskan sifat operasi hitung penjumlahan pada bilangan rasional
e.       Menjelaskan operasi hitung pengurangan bilangan rasional
f.       Menjelaskan sifat operasi hitung pengurangan pada bilangan rasional
g.      Menjelaskan  operasi hitung perkalian pada bilangan rasional
h.      Menjelaskan  sifat operasi hitung perkalian pada bilangan rasional
i.        Memahami operasi hitung pembagian pada bilangan rasional
j.        Memahami sifat operasi hitung  pembagian pada bilangan
k.      Memberikan contoh penggunaan bilangan rasional dalam kehidupan sehari-hari
4.      Menjelaskan bilangan real, operasi hitung bilangan real dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan real serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian bilangan real
b.      Menyebutkan macam-macam bilangan yang termasuk dalam bilangan real
c.       Menjelaskan  operasi hitung penjumlahan pada bilangan real
d.      Menjelaskan sifat operasi hitung penjumlahan pada bilangan real
e.       Menjelaskan  operasi hitung pengurangan pada bilangan real
f.       Menjelaskan sifat operasi hitung pengurangan pada bilangan real
g.      Menjelaskan  operasi hitung perkalian pada bilangan real
h.      Menjelaskan sifat operasi hitung perkalian pada bilangan real
i.        Menjelaskan  operasi hitung pembagian pada bilangan real
j.        Menjelaskan sifat operasi hitung pembagian pada bilangan real
k.      Memberikan contoh penggunaan bilangan real dalam kehidupan sehari-hari
5.      Menjelaskan  konsep bilangan prima, KPK dan FPB serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan konsep bilangan prima
b.      Membedakan bilangan prima dan bilangan komposit
c.       Memisahkan bilangan prima dengan bilangan komposit
d.      Menjelaskan faktorisasi prima suatu bilangan dengan
e.       Menjelaskan konsep kelipatan suatu bilangan
f.       Menjelaskan konsep kelipatan dari dua buah bilangan atau lebih
g.      Menjelaskan konsep KPK
h.      Memberikan contoh penggunaan KPK dalam kehidupan sehari-hari
i.        Menjelaskan konsep faktor suatu bilangan
j.        Menjelaskan konsep faktor persekutuan dari dua buah bilangan atau lebih
k.      Menjelaskan konsep FPB
l.        Memberikan contoh penggunaan FPB dalam kehidupan sehari-hari
m.    Menjelaskan hubungan antara KPK dan FPB
n.      Memberikan contoh hubungan antara KPK dan FPB serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
6.      Menjelaskan berbagai barisan dan deret bilangan; barisan dan deret bilangan aritmetika; dan barisan dan deret bilangan geometri serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian barisan bilangan
b.      Menjelaskan pengertian deret bilangan
c.       Membedakan antara barisan bilangan dan deret bilangan
d.      Menghitung suku ke-n dari suatu deret bilangan
e.       Menghitung  jumlah n suku pertama dari suatu deret bilangan
f.       Memberikan contoh penggunaan barisan dan deret bilangan dalam kehidupan sehari-hari
g.      Menjelaskan pengertian barisan bilangan aritmetika
h.      Menghitung  suku ke-n suatu barisan bilangan aritmetika
i.        Menjelaskan pengertian deret bilangan aritmetika
j.        Menghitung  jumlah n suku pertama dari suatu deret bilangan aritmetika
k.      Memberikan contoh penggunaan barisan dan deret bilangan aritmetika dalam kehidupan sehari-hari
l.        Menjelaskan pengertian barisan bilangan geometri
m.    Menghitung suku ke-n suatu barisan bilangan geometri
n.      Menjelaskan pengertian deret bilangan geometri
o.      Menghitung  jumlah n suku pertama dari suatu deret bilangan geometri
p.      Memberikan contohpenggunaan barisan dan deret geometri dalam kehidupan sehari-hari
7.      Menjelaskan aritmetika sosial dalam jual beli (untung, rugi, rabat, diskon, bruto, neto dan tara) serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian untung, rugi, rabat dan diskon
b.      Menghitung  besarnya untung, rugi, rabat dan diskon
c.       Memberikan contoh penggunaan untung, rugi, rabat, dan diskon dalam kehidupan sehari-hari
d.      Menjelaskan pengertian bruto, neto dan tara
e.       Menghitung  besarnya bruto, neto dan tara
f.       Memberikan contoh penggunaan bruto, neto dan tara dalam kehidupan sehari-hari
8.      Menjelaskan bunga tunggal dan bunga majemuk serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan  pengertian bunga tunggal
b.       Menyebutkan jenis-jenis bunga tunggal
c.        Mennghitung besarnya  bunga tunggal
d.       Memberikan contoh penggunaan bunga tunggal dalam kehidupan sehari-hari
e.        Menjelaskan  pengertian bunga majemuk
f.        Mennghitug besarnya  bunga majemuk
g.        Memberikan contoh penggunaan bunga majemuk dalam kehidupan sehari-hari
4.    Buku teks
Buku Utama:
1.      Kurnia Hidayati. (2015). Matematika 2 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Mahasiswa Ibtidaiyah. Ponorogo: STAIN Po Press.
Buku Pendukung
1.      Bird John, 2002, Matematika Dasar (Terj. Refina Indriasari), Erlangga, Jakarta.
2.      Dali S. Naga, 1985. Sejarah Matematika. Jakarta: Gramedia.
3.      Depdiknas, 2005. Matematika I untuk Mahasiswa PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka.
4.      Forbes, Jack E. & Eicolz, Robert, E. Mathematics for Elementary Teachers. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company, 1971.
5.      Gatot Muhsetyo dkk, 2015, Pembelajaran Matematika SD, Universitas Terbuka, Jakarta.
6.      Herman Tatang, 2015, Bilangan , UPI Press, Bandung.
7.      Karso, dkk., 1998. Buku Materi Pokok Pendidikan Matematika I. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Kelas SD Setara D-2 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
8.      Kenneth, Albert B. 2004. Mathematics for Elementary Teachers : An Activity
9.      Nahrowi Adjie dan Rostika, Deti R, 2015. Konsep Dasar Matematika. Bandung: UPI Press.
10.  Nahrowi Adjie, dkk. 2015, Konsep Dasar Matematika, UPI Press, Bandung.
11.  S. Prabawanto dan Rahayu P. 2015. Bilangan. Bandung. UPI Press.
12.  Sobel, Max A  dan Evan M Malelsky. Penerjemah Suyono 2004. Mengajar Matematika. Erlangga, Jakarta.
13.  Soewito, dkk. 1991. Pendidikan Matematika I.  Jakarta: Departemen Pendiikan dan Kebudayaan.

8. Deskripsi Tugas-tugas
1.      Tugas Harian : Setiap selesai perkuliahan, Anda diminta untuk mengerjakan tugas latihan mandiri yang diberikan oleh dosen pengampu.
2.      Keaktifan di kelas: Anda diharapkan pro aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, baik dengan memberian sumbangan pemikiran maupun sekedar pertanyaan atau kritik yang membangun.
Lain-lain
1.      Hal-hal lain yang masih belum jelas, silakan hubungi no. hp 0813 1710 8449 atau melalui e-mail nina_khdn@yahoo.co.id atau anwarkurniahidayati@gmail.comatau melalui blog www.matematika-pasti.blogspot.com
2.      Anda diberi kebebasan dalam mengikuti mata kuliah Matematika 2 tidak ada paksaan dalam melaksanakan semua tugas, karena semua nilai diberikan secara obyektif tanpa memihak siapapun. Hanya mahasiswa yang mampu mencapai nilai minimal 60% yang dinyatakan lulus mata kuliah ini.
3.      Selamat belajar, sukses tidak akan pernah didapat tanpa ada usaha!