Wednesday, August 26, 2015
Soal dan Pembahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Lengkap
Bangun ruang sisi lengkung, yup artikel kali ini akan memberikan 10 soal dan pembahasan materi bangun ruang sisi lengkung kelas 9 SMP. DI contoh soal yang akan dibagikan akan di bahas bagaimana mencari mencari volum, luas permukaan serta unsur-unsur dari tabung, kerucut dan juga bola, yuk selamat mempelajari soal-soal bangun ruang sisi lengkung berikutSoal 1Sebuah tabung tertutup dengan
Tuesday, August 25, 2015
Pembahasan soal matematika kesebangunan dan kongruen lengkap
Contoh soal dan pembahasan materi kesebangunan kongruensi materi matematika untuk kelas 9 SMP.
Kesebangunan persegi panjang, segitiga serta segitiga siku-siku, serta kongruensi pada trapesium.
Soal 1
Diberikan 2 buah persegi panjang ABCD dan persegi panjang PQRS seperti nampak pada gambar berikut.
Kedua persegi panjang tersebut sebangun. Tentukan:
a) panjang dari PQ
b) luas dan
Monday, August 24, 2015
Teka-teki Matematika Aljabar

Berikut ini saya berikan sebuah puzzle/teka-teki matematika sederhana tentang konsep aljabar. Sebuah persoalan hitungan aritmatika sederhana untuk menguji sejauh mana cara berpikir konseptual Anda. Seperti ini soalnya:
Diberikan bilangan asli dari 1 sampai 15, bisakah anda membagi 15 bilangan tersebut menjadi 2 kelompok dengan ketentuan:
- kelompok pertama terdiri dari 13 bilangan dan kelompok kedua terdiri dari 2 bilangan
- penjumlahan semua bilangan pada kelompok pertama sama dengan hasil perkalian dua bilangan pada kelompok kedua.
Buktikan dan jelaskan jawaban Anda.Selamat berpikir dan tuliskan jawaban Anda pada kolom komentar.
Catatan: teka-teki matematika ini bisa Anda selesaikan dengan mengingat materi persamaan kuadrat yang sudah dipelajari di kelas X SMA.
sumber gambar:http://www.google.com
BILANGAN PECAHAN
Pecahan ! ya kali ini admin ingin menuliskan tentang pecahan, mulai dari bilangan pecahan, pecahan campuran, pengertian pecahan dan lain sebagainya. Meski tidak jelas materi matematika kelas berapa karena admin agak lupa, tapi admin berharap paling tidak dapat membantu adek-adek yang sedang ingin belajar bilangan pecahan.
Pengertian Pecahan
Ada yang tau pengertian pecahan ? yang belum tau yuk
Pengertian Pecahan
Ada yang tau pengertian pecahan ? yang belum tau yuk
Operasi Hitung Pada Bentuk Aljabar
Operasi aljabar, Penggunaan kata "operasi" pada ilmu matematika jangan disamakan dengan penggunaan kata "operasi" pada ilmu kedokteran yah, karena artinya berbeda jauh. Operasi pada bentuk aljabar kali ini kita akan belajar menjumlahkan suku-suku sejenis, perkalian suatu bilangan dengan suku dua, perkalian suku dua dengan suku dua, serta pemfaktoran bentuk aljabar.
Operasi Aljabar : Penjumlahan
Operasi Aljabar : Penjumlahan
Saturday, August 22, 2015
Rumus Bujur Sangkar Mudah
Untuk mencari rumus bujur sangkar adik-adik harus tau dulu sifat-sifat dari bujur sangkar.
Ayo sapa yang tau sifat dari bujur sangkar...?
ya benar, salah satunya yaitu mempunyai sisi-sisi yang sama panjang. misalnya diketahui bujur sangkar ABCD maka dapat dipastikan bahwa panjang dari sisi AB = sisi BC = sisi CD = sisi DA.
nah untuk lebih singkatnya panjang sisi-sisi bujur sangkar bisa kita
Ayo sapa yang tau sifat dari bujur sangkar...?
ya benar, salah satunya yaitu mempunyai sisi-sisi yang sama panjang. misalnya diketahui bujur sangkar ABCD maka dapat dipastikan bahwa panjang dari sisi AB = sisi BC = sisi CD = sisi DA.
nah untuk lebih singkatnya panjang sisi-sisi bujur sangkar bisa kita
Friday, August 21, 2015
BSE Materi matematika SMA kelas x Kurikulum 2015
Materi matematika SMA kelas x Kurikulum 2015
Bab 1 Eksponen dan Logaritma
1 Menemukan konsep
2 Pangkat Bulat Negatif
3 Pangkat Nol
4 Sifat-Sifat Pangkat Bulat Positif
5 Pangkat Pecahan
6 Bentuk Akar
7 Hubungan Bentuk Akar dan Bilangan Berpangkat
8 Operasi Pada Bentuk Akar
a Operasi Penjumlahan dan
Buku Sekolah Elektronik (BSE Matematika untuk SMA kelas 11)
Buku Sekolah Elektronik atau biasa disingkat dengan #BSE, ini memiliki kelebihan yang tentunya gratis kemudian bse boleh diperbanyak dan isinyapun tak kalah berkualitas dengan buku-buku matematika yang diterbitkan oleh swasta. Untuk mendownload ataupun mengunduh ebook matematika silahkan menuju link dibawah. Disini saya sediakan 5 link untuk-? mendownload BSE Matematika untuk SMA kelas 11 untuk
Thursday, August 20, 2015
pelajaran matematika kelas 7 tentang himpunan
Bab ini berisi materi mengenai pengertian, notasi, dan penyajian himpunan; konsep himpunan bagian; operasi irisan, gabungan, kurang ( difference), dan komplemen pada himpunan; penyajian himpunan dengan diagram V enn, serta menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.
Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk
Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk
konsep rumus mencari luas dalam matematika
Dalam dunia matematika ada ribuan cara / rumus seperti yang sudah sering kali saya bilang pahamilah konsep dasar dalam rumus tersebut sehingga anda tidk perlu menghafalsema rumusnya.
Begitu halnya dengan rumus untuk mencari luas, anda pasti tau apa rumus untuk mencari luas persegi ...?
Ya, benar panjang dikali lebar. nah pegang konsep ini dimana bisa diartikan bahwa untuk mencari luas suatu
Begitu halnya dengan rumus untuk mencari luas, anda pasti tau apa rumus untuk mencari luas persegi ...?
Ya, benar panjang dikali lebar. nah pegang konsep ini dimana bisa diartikan bahwa untuk mencari luas suatu
Monday, August 17, 2015
Apa itu silabus dan Bagaimana pengembangannya
Dalam membuat program kadang-kadang dibedakan atas dua jenis kegiatan yaitu yang pertama program umum dan yang kedua program yang lebih khusus.
Misalnya dalam sebuah program semester sekolah ditetapkan, bahwa untuk mengisi kegiatan hari libur semester ke satu akan diadakannya kegiatan karyawitasa ke Candi Borobudur dan sekitarnya.
Pada saat libur semester tiba, kemudian pihak sekolah
Misalnya dalam sebuah program semester sekolah ditetapkan, bahwa untuk mengisi kegiatan hari libur semester ke satu akan diadakannya kegiatan karyawitasa ke Candi Borobudur dan sekitarnya.
Pada saat libur semester tiba, kemudian pihak sekolah
Menemukan Konsep eksponen dengan pemahaman sendiri
Untuk menemukan konsep eksponen, kamu selesaikan masalah yang disajikan di bawah ini secara berkelanjutan. Kamu lebih dahulu berusaha memikirkan, berupaya mencari ide-ide kreatif, berdiskusi, mencoba memecahkan masalah di dalam kelompok belajar.
Dari beberapa model matematika yang melibatkan eksponen, kamu secara individu menuliskan ciri-ciri eksponen dan mendiskusikan hasilnya dengan temanmu.
Dari beberapa model matematika yang melibatkan eksponen, kamu secara individu menuliskan ciri-ciri eksponen dan mendiskusikan hasilnya dengan temanmu.
Materi Matematika SMA Sesuai Kurikulum 2015

Terjadi penambahan bab yang cukup signifikan namun secara keluasan materi terjadi pemangkasan yang cukup drastis. Pertama kali membaca daftar isi dan menghitung jumlah bab yang mencapai 12 bab dalam satu tahun pelajaran sempat kaget dan pesimis dapat menyelesaikan pembelajaran secara utuh dan tuntas, mengingat dengan metode dan pendekatan biasa saja kadang 6 bab saja tidak tuntas, apalagi jika harus menggunakan pendekatan saintifik yang tergolong baru dalam proses pembelajaran matematika. Namun setelah melihat kedalaman materi serta menjalani proses KBM selama satu tahun ini, ternyata cukup masuk akal untuk menyelesaikan keseluruhan materi dengan tepat waktu.
Berikut ini adalah susunan materi matematika SMA kelas X Kurikulum 2015:
1 Menemukan konsep Eksponen
2 Pangkat Bulat Negatif
3 Pangkat Nol
4 Sifat-Sifat Pangkat Bulat Positif
5 Pangkat Pecahan
6 Bentuk Akar
7 Hubungan Bentuk Akar dan Bilangan Berpangkat
8 Operasi Pada Bentuk Akar
9 Menemukan Konsep Logaritma
10 Sifat-sifat Logaritma
1 Memahami dan Menemukan konsep Nilai Mutlak
2 Persamaan Linier
3 Pertidaksamaan Linier
4 Persamaan Linier yang Melibatkan Nilai Mutlak
5 Pertidaksamaan Linier yang Melibatkan Nilai Mutlak
1 Menemukan Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
2 Menemukan Konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
3 Penyelesaian Sistem Persamaaan Linier dua dan tiga variabel
4 Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
1 Menemukan Konsep Matriks
2 Jenis-Jenis Matriks
3 Transpos Matriks
4 Kesamaan Dua Matriks
5 Memahami Operasi Sederhana Matriks serta Penerapannya
1 Menemukan Konsep Relasi
2 Sifat-Sifat Relasi
3 Menemukan Konsep Fungsi
1 Menemukan Pola Barisan dan Deret
2 Menemukan Konsep Barisan dan Deret Aritmatika
3 Menemukan Konsep Barisan dan Deret Geometri
1 Persamaan Kuadrat
2 Fungsi Kuadrat
1 Ukuran Sudut (Derajat dan Radian)
2 Konsep Dasar Sudut
3 Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
4 Nilai Perbandingan Trigonometri Sudut Istimewa
5 Perbandingan Trigonometri untuk Sudut 30o, 45o, 60o
6 Grafik Fungsi Trigonometri
1 Menemukan Konsep Jarak Titik, Garis, dan Bidang
2 Menemukan Konsep Sudut pada Bangun Ruang
1 Menemukan Konsep Limit
2 Sifat-Sifat Limit Fungsi
3 Menentukan Nilai Limit Fungsi
1 Data Tunggal
2 Data Kelompok
1 Kemungkinan Suatu Kejadian
2 Frekuensi Relatif Suatu Hasil Percobaan
3 Peluang Suatu Kejadian
Untuk mendownload file buku guru dan buku siswa matematika untuk sma kelas 10 kurikulum 2015 silahkan menuju ke sini
Berikutnya adalah materi matematika SMA kelas XI kurikulum 2015
1. Model Matematika
2. Program Linear dengan Metode Grafik
3. Daerah Bersih dan Garis Selidik
1. Operasi Penjumlahan Pada Matriks
2. Pengurangan Dua Matriks
3. Perkalian Suatu Bilangan Real dengan Matriks
4. Operasi Perkalian Dua Matriks
5. Determinan Dan Invers Matriks
Bab 3 Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers
1. Operasi Aljabar Pada Fungsi
2. Menemukan Konsep Fungsi Komposisi
3. Sifat-sifat Operasi Fungsi Komposisi
4. Fungsi Invers
5. Menentukan Rumus Fungsi Invers
1. Garis dan Gradien
2. Hubungan Antar Garis
1. Menemukan Konsep Barisan dan Deret Tak Hingga
2. Barisan Konstan, Naik, dan Turun
1. Aturan Sinus
2. Aturan Cosinus
3. Luas Segitiga
Materi Matematika SMA Kelas XI Semester 2
1. Ukuran Pemusatan
2. Ukuran Letak Data
3. Ukuran Penyebaran Data
1. Menemukan Konsep Perkalian, Permutasi, dan Kombinasi
2. Peluang
1. Menemukan Konsep Persamaan Lingkaran
2. Bentuk Umum Persamaan Lingkaran
3. Kedudukan Titik terhadap Lingkaran
4. Kedudukan Garis terhadap Lingkaran
5. Persamaan Garis Singgung Lingkaran
1. Memahami dan Menemukan Konsep Translasi (Pergeseran)
2. Memahami dan Menemukan Konsep Refleksi (Pencerminan)
3. Memahami dan Menemukan Konsep Rotasi (Perputaran)
4. Memahami dan Menemukan Konsep Dilatasi (Perkalian)
1. Menemukan Konsep Turunan Suatu Fungsi
2. Aplikasi Turunan
3. Sketsa Kurva Suatu Fungsi dengan Konsep Turunan
1. Menemukan Konsep Integral tak Tentu
2. Notasi Integral dan Rumus Dasar Integral Tak Tentu
Untuk mendownload file buku guru dan buku siswa matematika untuk sma kelas 11 kurikulum 2015 silahkan menuju link ini
Atau jika anda tertarik untuk mendownload modul yang berisi ringkasan materi dan rumus, contoh penyelesaian soal dengan cara biasa dan cara cepat (smart solution), dan soal-soal latihan untuk menguji pencapaian kompetensi anda, silakan menuju ke sini.
Modul tersebut saya susun dan saya pecah menjadi per bab dengan tujuan supaya memudahkan anda dalam mendownload bab yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Jika ada sesuatu yang perlu didiskusikan silakan anda tulis di kolom komentar di bawah postingan ini atau via pesan pribadi di sini
Terima kasih sudah mampir dan berkenan membaca. Semoga ada manfaatnya.
Sunday, August 16, 2015
Ringkasan materi SD kelas 6 BAB 1
Ringkasan materi SD kelas 6 BAB 1 pengerjaan hitung bilangan bulat
Sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan pada penjumlahan berlaku:
1) Sifat pertukaran (komutatif) a + b = b + a
2) Sifat pengelompokan (asosiatif) (a + b) + c = a + (b + c)
Sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan pada perkalian berlaku:
1) Sifat pertukaran (komutatif) a × b = b × a
2) Sifat pengelompokan (asosiatif) (a × b) × c = a
Sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan pada penjumlahan berlaku:
1) Sifat pertukaran (komutatif) a + b = b + a
2) Sifat pengelompokan (asosiatif) (a + b) + c = a + (b + c)
Sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan pada perkalian berlaku:
1) Sifat pertukaran (komutatif) a × b = b × a
2) Sifat pengelompokan (asosiatif) (a × b) × c = a
Saturday, August 15, 2015
materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN
Silabus merupakan ruang lingkup atau kumpulan materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN.
Silabus yang disusun terdiri dari 4 jenis ruang lingkup materi sesuai dengan mata pelajaran yang dilombakan yaitu IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS.
Silabus disusun dengan tujuan antara lain memberikan panduan untuk menyatukan pemahaman dan menyamakan interprestasi bagi guru khususnya dan
Silabus yang disusun terdiri dari 4 jenis ruang lingkup materi sesuai dengan mata pelajaran yang dilombakan yaitu IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS.
Silabus disusun dengan tujuan antara lain memberikan panduan untuk menyatukan pemahaman dan menyamakan interprestasi bagi guru khususnya dan
Friday, August 14, 2015
Olimpiade Sains Nasional (OSN)
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu program Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Selain itu OSN merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa tingkat SMP seluruh Indonesia dalam bidang IPA (Biologi, Fisika),
Thursday, August 13, 2015
Evaluasi Implementasi Kurikulum 2015

Mengamati apa yang terjadi di lapangan secara langsung, ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan implementasi kurikulum 2015. Dalam proses pembelajaran di kelas--dimana kurikulum 2015 sekarang menekankan pendekatan saintifik, proses mengukur keterlaksanaan ini sulit ditentukan karena keterbatasan waktu untuk mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas. Tetapi ada sebuah plesetan yang banyak beredar dapat memberikan gambaran keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, yaitu "apapun kurikulumnya minumnya tetap blablabla..."
Yang mungkin bisa dijadikan salah satu indikator keterlaksanaan kurikulum 2015 adalah pada proses penilaian. Selain mendengarkan keluhan secara langsung dari bapak ibu guru tentang ribet dan rumitnya cara menilai secara autentik, tingkat pemahaman dan keterlaksanaan proses penilaian autentik ini bisa dilihat dari daftar nilai yang dibuat oleh guru. Beberapa celetukan dari orang tua, murid, dan guru yang mungkin bisa dijadikan bahan renungan di antaranya sebagai berikut:
"Proses menilainya begitu kompleks dan melelahkan, hasilnya kok seragam."
"Nilai kok cuma A dan B."
"Trus, bagaimana saya mengetahui saya rangking berapa?"
Demikianlah beberapa fakta di lapangan terkait dengan proses penilaian dalam kurikulum 2015.
Pelaksanaan implementasi kurikulum 2015 banyak orang mengibaratkan berlari sambil membetulkan tali sepatu. Persiapan yang dilakukan belum selesai sudah keburu dilaksanakan, maka wajar jika saat ini banyak para guru yang terseok-seok, tersandung dan jatuh terjerembab. Tetapi, ada juga yang berpendapat kalau waktu yang tepat untuk melakukan adalah saat ini. Menunggu semua siap maka tidak akan pernah terlaksanakan.
Apapun yang benar, satu hal yang patut diapresiasi adalah upaya pemerintah yang terus menerus dan berkesinambungan dalam upaya mengatasi segala permasalahan terkait dengan implementasi kurikulum 2015 ini. Mulai dari penyiapan guru melalui pelatihan-pelatihan yang terus-menerus, buku dan bahan ajar yang sudah disiapkan--dengan harapan dapat membantu meringankan tugas guru, sampai ke pemantauan dan evaluasi di sekolah-sekolah.
Sebagai seorang guru sekaligus pelaksana langsung di lapangan, semestinya kita tidak perlu lagi ikut-ikutan memperdebatkan kurikulum 2015 ini tetapi terus berupaya memahami dan mengimplementasikannya pada anak didik kita di kelas. Tidak cukup waktu sebulan atau dua bulan apalagi cuma seminggu pelatihan untuk memahami apa yang dikehendaki dan bagaimana mengimplementasikan kurikulum 2015 sesuai yang diharapkan.
Beberapa tips yang mungkin bisa membantu para guru terutama yang baru saja menerapkan kurikulum 2015 pada tahun ajaran 2015/2015 ini agar lebih mudah dan efektif dalam memahami dan mengimplementasikan kurikulum 2015 diantaranya adalah:
- Membaca dan membaca
membaca dokumen apa saja yang terkait dengan kurikulum 2015 terutama permendikbud. Kebiasaan jelek yang banyak didapati terutama pada saat pelatihan adalah tidak seratus persen mencurahkan perhatian dan pikiran pada materi melainkan sudah merasa cukup mencopy file-file dari narasumber dan hasil pelatihan. Setelah sampai di rumah file-file itu tidak pernah lagi dibuka dan cuma teronggok menjadi sampah di flash disk.
- Sharing dan berkomunikasi dengan guru lain
Berbagi dengan guru lain bisa dilakukan melalui MGMP di sekolah masing-masing atau lingkup yang lebih luas seperti MGMP kabupaten/kota. Sharing bisa dilakukan dengan cara membuat RPP yang sesuai dengan silabus kurikulum 2015 atau membuat modul dan Lembar Kegiatan Siswa.
Demikianlah beberapa tips yang semoga bisa membantu bapak ibu guru dalam memahami dan menerapkan kurikulum 2015 sesuai dengan yang diharapkan oleh pemberi kebijakan.
Sebagai gambaran dan bahan perbandingan bapak ibu bisa mendownload dan membaca dokumen-dokumen terkait dengan kurikulum 2015 di sini.
Penekanan dokumen yang mungkin perlu dan harus dibaca dengan tuntas adalah pada pedoman pembelajaran saintifik dan pedoman penilaian autentik yang bisa bapak ibu download di bawah ini.
Berikut ini juga saya uploadkan format daftar nilai kurikulum 2015 dalam bentuk excel yang di dalamnya sudah memuat ketiga jenis penilaian; pengetahuan, keterampilan, dan penilaian sikap.Pedoman pembelajaran saintifik
Pedoman penilaian autentik
Modul pelatihan Matematika SMA
Pendukung pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik
Pendukung penilaian proses dan Hasil Belajar SMA
Format daftar nilai guru mata pelajaran
Demikian sedikit gambaran dan pembahasan tentang kurikulum 2015, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan bapak ibu guru. Jika ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan, baik itu pertanyaan atau klarifikasi, bapak ibu bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah postingan ini atau melalui pesan pribadi di sini.
Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca.
PEMBUKTIAN VOLUME BANGUN RUANG SECARA DEDUKTIF
Berpikir Deduktif dalam matematika diartikan sebagai berpikir berdasarkan aturan-aturan yang berlaku dalam matematika.
Aturan-aturan yang dimaksud adalah bahwa suatu sifat harus dibuktikan kebenarannya secara langsung dari definisi atau aksioma, dalil (teorema) harus dibuktikan kebenarannya berdasarkan definisi yang berlaku atau
berdasarkan aksioma (postulat) yang berlaku, atau berdasarkan
Aturan-aturan yang dimaksud adalah bahwa suatu sifat harus dibuktikan kebenarannya secara langsung dari definisi atau aksioma, dalil (teorema) harus dibuktikan kebenarannya berdasarkan definisi yang berlaku atau
berdasarkan aksioma (postulat) yang berlaku, atau berdasarkan
Wednesday, August 12, 2015
Volum dan Luas Permukaan Bola
Penurunan rumus volume dan luas permukaan bola secara induktif dilakukan melalui peragaan dengan cara menakar menggunakan alat takar setengah bola untuk ditakarkan ke tabung pasangannya.
Yang dimaksud dengan tabung pasangannya adalah tabung yang tepat melingkupi bola secara utuh, yakni tabung yang tepat menyinggung bola di bagian atas, bagian bawah, dan bagian samping
untuk melihat materi
Yang dimaksud dengan tabung pasangannya adalah tabung yang tepat melingkupi bola secara utuh, yakni tabung yang tepat menyinggung bola di bagian atas, bagian bawah, dan bagian samping
untuk melihat materi
Tuesday, August 11, 2015
mencari rumus volume kerucut secara induktif
Untuk mencari rumus volume kerucut secara induktif dilakukan melalui peragaan dengan menakar menggunakan alat takar berupa kerucut dan tabung pasangannya.
Yang dimaksud dengan tabung pasangannya adalah tabung yang luas alasnya sama dengan luas alas kerucut dan tingginya juga sama dengan tinggi kerucut.
Bahan yang dapat digunakan dalam melakukan penakaran dapat berupa beras, jagung, atau
otek (
Yang dimaksud dengan tabung pasangannya adalah tabung yang luas alasnya sama dengan luas alas kerucut dan tingginya juga sama dengan tinggi kerucut.
Bahan yang dapat digunakan dalam melakukan penakaran dapat berupa beras, jagung, atau
otek (
Monday, August 10, 2015
PENURUNAN RUMUS-RUMUS VOLUME BANGUN RUANG SECARA INDUKTIF
Volume Balok/ Prisma Tegak Segi Empat
Untuk memberikan penalaran dalam memperoleh rumus-rumus volum secara induktif digunakan alat peraga kubus-kubus satuan. Harapannya dengan melakukan praktek langsung atas arahan guru siswa akhirnya dapat menyimpulkan sendiri bahwa volum balok yang ukuran panjang rusuk alasnya p, lebar rusuk alasnya l, dan tinggi rusuk tegaknya t adalah
V = p x l x t
Sunday, August 9, 2015
konsep menentukan volum bangun ruang
Isi (volum) suatu bejana (bangun ruang berongga) ialah banyaknya takaran yang
dapat digunakan untuk memenuhi bejana itu.
Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan bejana ialah bangun ruang berongga
dengan ruangan dalam rongganya dapat diisi dengan zat cair, beras, pasir dan
sebagainya.
Karena bejana merupakan bangun ruang yang memiliki keteraturan maka
bentuk bejana dapat berupa:
- toples
-
dapat digunakan untuk memenuhi bejana itu.
Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan bejana ialah bangun ruang berongga
dengan ruangan dalam rongganya dapat diisi dengan zat cair, beras, pasir dan
sebagainya.
Karena bejana merupakan bangun ruang yang memiliki keteraturan maka
bentuk bejana dapat berupa:
- toples
-
Saturday, August 8, 2015
Menggunakan Rumus Untuk Menentukan Nilai Suku Urutan Besar
Kini kita telah mengetahui bagaimana cara menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan yakni dengan tuntunan pola (menggunakan LK) maupun tanpa tuntunan pola (tanpa K).
Tanpa LK sifatnya lebih menantang, tetapi tanpa tuntunan penemuan rumus suku ke-n secara jelas maka tujuan penemuan rumus itu akan sulit untuk dilakukan.
Syarat penting untuk menurunkan rumus suku ke-n dari suatu
Tanpa LK sifatnya lebih menantang, tetapi tanpa tuntunan penemuan rumus suku ke-n secara jelas maka tujuan penemuan rumus itu akan sulit untuk dilakukan.
Syarat penting untuk menurunkan rumus suku ke-n dari suatu
Friday, August 7, 2015
Menemukan Rumus Suku Umum Barisan Bilangan dan Menggunakannya
Untuk menentukan rumus suku umum dari suatu barisan bilangan dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan tuntunan pola dan tanpa tuntunan pola.
Dengan tuntunan pola maksudnya adalah polanya ditunjukkan (yang sebenarnya/sesuai fakta) sehingga dengan melihat polanya siswa dapat menemukan rumus suku ke-n.
Sedangkan cara yang kedua yakni tanpa tuntunan pola dilakukan dengan menyelidiki selisih
Dengan tuntunan pola maksudnya adalah polanya ditunjukkan (yang sebenarnya/sesuai fakta) sehingga dengan melihat polanya siswa dapat menemukan rumus suku ke-n.
Sedangkan cara yang kedua yakni tanpa tuntunan pola dilakukan dengan menyelidiki selisih
Materi Bilangan Berpangkat
Berikut sedikit penjelasan mengenai materi matematika " Bilangan Berpangkat " yang admin rangkum dari BSE matematika sma kelas x kurikulum 2015,
Dengan mempelajari materi ini kalian diharapkan dapat : mengalikan dua bilangan berpangkat yang bilangan pokoknya sama, memangkatkan bilangan berpangkat, memangkatkan dari pembagian dua bilangan, mengubah pangkat pecahan ke bentuk akar pangkat,
Dengan mempelajari materi ini kalian diharapkan dapat : mengalikan dua bilangan berpangkat yang bilangan pokoknya sama, memangkatkan bilangan berpangkat, memangkatkan dari pembagian dua bilangan, mengubah pangkat pecahan ke bentuk akar pangkat,
BSE Materi Matematika Kelas 8 Kurikulum 2015 terbitan 2015
BSE Materi Matematika SMP/Mts kelas 8 sesuai dengan kurikulum 2015 dan diterbitkan pada tahun 2015 ini, berikut bab dan sub bab yang harus adek-adek pelajari pada kelas 8 ini :
cover bse matematika kelas 8 kurikulum 2015
Bab 1 Sistem Koordinat1.1 Memahami posisititik terhadap sumbu x dan sumbu y1.2 memahami posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan titik tertentu (a,b)1.3 Memahami posisi
cover bse matematika kelas 8 kurikulum 2015
Bab 1 Sistem Koordinat1.1 Memahami posisititik terhadap sumbu x dan sumbu y1.2 memahami posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan titik tertentu (a,b)1.3 Memahami posisi
BSE Materi Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2015 terbitan 2015
BSE matematika SMP / Mts kelas 7 kurikulum 2015 terbitan tahun 2015 akhirnya admin temukan juga di website resmi kemendikbud, berikut daftar bab dan sub bab yang harus kalianpelajari dibangku smp khususnya materi matematika :
Cover bse matematika kelas 7
Bab 1 Bilangan1.1 membandingkan bilangan bulat1.2 menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat1.3 mengalikan dan membagi bilangan bulat1.4
Cover bse matematika kelas 7
Bab 1 Bilangan1.1 membandingkan bilangan bulat1.2 menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat1.3 mengalikan dan membagi bilangan bulat1.4
Thursday, August 6, 2015
Rumus Matematika SMP Kelas 7 Aljabar
Kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan artikel tentang rumus matematika smp kelas 7 aljabar. so.... baca baik2 ya....
Sekedar untuk contoh rumus cepat tentang limit. Kadang orang menyebut rumus cepat matematika sebagai trik cepat, king of fastest, fastest solution, atau rumus sesat.
Soal berikut ini mudah. Sudah pernah diujikan buat tes masuk ITB sejak tahun 70-an. Tetapi
Sekedar untuk contoh rumus cepat tentang limit. Kadang orang menyebut rumus cepat matematika sebagai trik cepat, king of fastest, fastest solution, atau rumus sesat.
Soal berikut ini mudah. Sudah pernah diujikan buat tes masuk ITB sejak tahun 70-an. Tetapi
Sunday, August 2, 2015
Soal dan Kunci jawaban Materi Bilangan Bulat
berikut 7 soal materi bilangan bulat dilengkapi kunci jawabannya
1. Hasil dari 21 : (3 – 10) + 4 × (–2) = …
A. –11 C. 5
B. –5 D. 11
Kunci Jawaban: A
21 : (3 – 10) + 4 × (–2)
= 21 : – 7 – 8
= – 3 – 8
= – 11
2. Hasil dari 28 + 7 × (–5) adalah ….
A. –175 C. –7
B. –63 D. 7
Kunci Jawaban: C
28 + 7 × (–5)
= 28 – 35
= – 7
3. Hasil dari –12 + 20 × 4 – (–6) : 3 = ...
A.
1. Hasil dari 21 : (3 – 10) + 4 × (–2) = …
A. –11 C. 5
B. –5 D. 11
Kunci Jawaban: A
21 : (3 – 10) + 4 × (–2)
= 21 : – 7 – 8
= – 3 – 8
= – 11
2. Hasil dari 28 + 7 × (–5) adalah ….
A. –175 C. –7
B. –63 D. 7
Kunci Jawaban: C
28 + 7 × (–5)
= 28 – 35
= – 7
3. Hasil dari –12 + 20 × 4 – (–6) : 3 = ...
A.
Contoh soal dan pembahasan bilangan bulat
Berikut 4 Contoh soal dan pembahasan bilangan bulat materi matematika smp kelas 7
Contoh Soal:
1. Hasil dari (–12) : 3 + 8 × (–5) adalah…
Pembahasan:
(–12) : 3 + 8 × (–5) = –4 + (–40) = –44
2. Hasil dari −4 + 10 : 2 × (−5) adalah…
Pembahasan:
−4 + 10 : 2 × (−5) = −4 + 5 × (−5)
= −4 – 25
= −29
3. Suhu tempat A adalah 100
C di bawah nol, suhu tempat B adalah 200
C di atas
nol, dan suhu
Contoh Soal:
1. Hasil dari (–12) : 3 + 8 × (–5) adalah…
Pembahasan:
(–12) : 3 + 8 × (–5) = –4 + (–40) = –44
2. Hasil dari −4 + 10 : 2 × (−5) adalah…
Pembahasan:
−4 + 10 : 2 × (−5) = −4 + 5 × (−5)
= −4 – 25
= −29
3. Suhu tempat A adalah 100
C di bawah nol, suhu tempat B adalah 200
C di atas
nol, dan suhu
Rumus Matematika Kelas 4 5 dan 6
Berikut video tentang rumus matematika kelas 4,5 dan 6 tentang materi perbandingan
semoga dengan video tersebut dapat memahamkan adik-adik sekalian tentang mteri perbandingan apabila ada pertanyaan dari adik-adik silahkan isi saja di kolom komentar
semoga dengan video tersebut dapat memahamkan adik-adik sekalian tentang mteri perbandingan apabila ada pertanyaan dari adik-adik silahkan isi saja di kolom komentar
Rumus Matematika Bangun Ruang LENGKAP
Ilmu matematika tidak pernah lepas dari rumus-rumus matematika mengenai bangun ruang seperti kubus, balok, kerucut, tabung, limas, dan bola. Artikel kali ini akan saya tuliskan tentang rumus bangun ruang yang ada di dalam pelajaran matematika seperti rumus kubus, rumus tabung, rumus limas, rumus kerucut, untuk mengetahui / mempelajari / mengingat kembali luas dan volume masing-masing bangun